Informasi yang disampaikan pada halaman ini dapat berubah sesuai dengan perkembangan ketentuan perpajakan terbaru dan proses pembangunan sistem  

 

Saat ini, wajib pajak mendapatkan informasi terkait perpajakannya melalui daring dalam halaman DJP Online. Namun, informasi tersebut masih terbatas pada profil singkat wajib pajak dan riwayat Surat Pemberitahuan (SPT). Informasi wajib pajak yang terbatas dan kurang komprehensif tersebut mendorong DJP melakukan rancang ulang proses bisnis berdasarkan Business Directions DJP. Salah satu proses bisnis tersebut yaitu proses bisnis manajemen akun wajib pajak atau taxpayer account management (TAM).

 

Manajemen akun wajib pajak merupakan proses bisnis pengelolaan informasi perpajakan untuk tiap wajib pajak yang menampilkan profil serta hak dan kewajiban perpajakan yang komprehensif dan terkini. Informasi terkini dan komprehensif tersebut dapat diakses oleh wajib pajak kapan saja dan dimana saja melalui portal wajib pajak. Untuk menunjang tampilan informasi tersebut, proses bisnis TAM mengelola informasi yang berasal dari proses bisnis yang relevan seperti proses  bisnis registrasi, SPT, pembayaran, layanan perpajakan dan proses bisnis relevan lainnya.

Ada dua ruang lingkup proses bisnis TAM yang menjadi sub proses utama, yaitu ikhtisar profil wajib pajak dan buku besar wajib pajak.

 

  1.  Ikhtisar Profil Wajib Pajak

Merupakan gambaran komprehensif tentang kondisi perpajakan wajib pajak terkait hak dan kewajiban perpajakan wajib pajak. Kondisi perpajakan wajib pajak tersebut dimuat dalam bentuk ringkasan informasi yang ditampilkan dalam portal wajib pajak. Ringkasan tersebut meliputi beberapa informasi  antara lain:

  1. Identitas wajib pajak

Meliputi nama, NPWP, alamat, dan informasi kontak wajib pajak.

  1. Jenis pajak terdaftar

Meliputi jenis pajak yang menjadi kewajiban wajib pajak.

  1. Riwayat permohonan

Meliputi riwayat kasus/permohonan layanan wajib pajak yang sedang berjalan.

  1. Riwayat saldo

Menyajikan saldo transaksi hak dan kewajiban perpajakan wajib pajak.

  1. Daftar fasilitas

Meliputi daftar fasilitas perpajakan aktif yang dimiliki wajib pajak. 

  1. Daftar kode billing aktif

Meliputi daftar kode billing yang belum dibayar.

profil wajib pajak

 

  1. Buku Besar Wajib Pajak

Berisi rincian transaksi hak dan kewajiban perpajakan yang dilakukan wajib pajak dan disajikan dalam profil wajib pajak yang dapat dilihat oleh wajib pajak dan /atau kuasa wajib pajak. Buku besar wajib pajak memiliki fitur antara lain:

  1. Riwayat transaksi

Terdapat riwayat transaksi hak dan kewajiban perpajakan yang terinci dalam bentuk entri debit dan kredit. Sisi debit menggambarkan kewajiban yang dimiliki wajib pajak sedangkan sisi kredit menggambarkan hak yang dimiliki wajib pajak.

  1. Rekonsiliasi otomatis

Terdapat rekonsiliasi pembayaran atas pemenuhan kewajiban perpajakan secara otomatis.

  1. Terintegrasi

Pencatatan transaksi hak dan kewajiban perpajakan terintegrasi dengan proses bisnis perpajakan lain.

  1. Dapat diunduh

Transkrip riwayat transaksi hak dan kewajiban perpajakan dapat diunduh oleh wajib pajak.

buku besar

 

Berdasarkan fitur yang ada dalam proses bisnis TAM, manfaat yang akan dirasakan oleh wajib pajak kedepan,antara lain:

  1. Terintegrasi

Menyajikan data dan.atau informasi perpajakan wajib pajak dalam satu aplikasi.

  1. Andal

Memberikan informasi perpajakan yang relevan dan dapat diakses wajib pajak dengan mudah.

  1. Komprehensif

Menampilkan data dan atau informasi perpajakan secara lengkap dalam satu tampilan aplikasi.

  1. Kemudahan Akses

Memudahkan wajib pajak dalam memenuhi hak dan kewajiban perpajakan serta mengakses layanan perpajakan yang tersedia.

manfaat tam

 

Video Taxpayer Account Management

 

Soal Sering Ditanya

Apakah akun wajib pajak ini harus diaktifkan, ataukah WP bisa memilih tidak mengaktifkan akun elektroniknya dan memilih selalu menjalankan kewajiban perpajakan secara manual?

Sebagian besar proses administrasi perpajakan dilakukan di Coretax dan seluruh proses bisnis telah terintegrasi di dalamnya, sehingga apabila WP tidak mengaktifkan akunnya maka pelaksanaan hak dan kewajiban perpajakannya akan terkendala. Meskipun masih terdapat pilihan penyampaian kewajiban perpajakan secara manual, misalnya penyampaian SPT kertas untuk kategori wajib pajak tertentu.
 

Terkait pengajuan layanan perpajakan, apakah tersedia info dan notifikasi untuk proses penyelesaian permohonan WP?

Sistem Coretax memiliki fitur tracking progress dan fitur riwayat permohonan yang diajukan wajib pajak. Produk layanan yang dihasilkan dapat langsung diunduh di portal wajib pajak.
 

Kolom debit dan kredit pada menu accounting portal/balance sheet di Tax Payer Portal, menjelaskan tentang apa?

  • Kolom debit terkait kewajiban yang harus dibayar Wajib Pajak, contoh: SPT KB, SKPKB/KBT, STP, Putusan upaya hukum yang menyebabkan kurang bayar.
  • Kolom kredit terkait hak yang dimiliki/telah dilakukan Wajib Pajak, contoh: pembayaran atas SPT KB, pembayaran deposit, SPT LB, SKPLB/SKPPKP/SKPIB, Putusan upaya hukum yang menyebabkan lebih bayar.