
“Karena yang paling penting adalah ruh pengintegrasian pelayanan,” pesan Abdullah Azwar Anas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) saat meresmikan pembukaan Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Cimahi langsung dari Gedung MPP Kota Cimahi, Jalan Aruman, Pasirkaliki, Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat (Senin, 28/11).
Dalam kegiatan Grand Launching MPP Kota Cimahi itu Azwar Anas menyampaikan arahan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berkaitan dengan reformasi birokrasi. Ia menjelaskan bahwa birokrasi haruslah berdampak, bukan tumpukan kertas, dan harus bisa lincah dan cepat. “Rakyat harus bisa merasakan, karena reformasi birokrasi harus berdampak” ungkapnya. Bentuk dari birokrasi yang berdampak itu salah satunya adalah adanya Mall Pelayanan Publik.
Seremonial Grand Launching MPP Kota Cimahi diisi dengan hand taping dan penandatanganan prasasti oleh Menteri PANRB dan Pejabat Walikota Cimahi. Dalam kesempatan tersebut, Azwar Anas didampingi oleh Pejabat Walikota Cimahi MPP Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Barat Noneng Komara Nengsih membuka secara resmi MPP Kota Cimahi ditandai dengan pengguntingan untaian bunga melati.
Pejabat Walikota Cimahi MPP Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan mengungkapkan bahwa penyelenggaraan MPP Kota Cimahi ini adalah upaya mewujudkan harapan masyarakat Kota Cimahi akan terselenggaranya pelayanan publik yang berkualitas dan nyaman. MPP Kota Cimahi yang telah direncanakan sejak tahun 2019 itu menyediakan 139 layanan baik dari instansi instansi pemerintah, unit vertikal, BUMN dan BUMD, serta perbankan.
MPP Kota Cimahi dibangun dengan menerapkan sistem informasi layanan yg terintegrasi, antrean elektronik, informasi & pengaduan, serta survey kepuasan masyarakat yang berbasis digital. “Semoga MPP Cimahi bisa jadi role model bagi MPP di indonesia lainnya,” ujar Dikdik.
Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cimahi menjadi salah satu instansi yang turut serta dalam penyediaan layanan publik yang terintegrasi di MPP Kota Cimahi. Setiap Senin-Jumat KPP Pratama Cimahi mengirimkan petugas untuk memberikan layanan di MPP Kota Cimahi yang telah dilengkapi sarana dan prasarana pendukung. Lokasi booth KPP Pratama Cimahi berada di lantai 1, berdekatan dengan ruang perpustakaan mini.
“Pada intinya KPP Cimahi sangat mendukung adanya MPP Cimahi, adanya MPP membuat layanan publik bisa terselenggara dengan terintegrasi. KPP Cimahi selalu siap memberikan layanan untuk WP baik dari kantor maupun dari MPP,” tutur Maradu Silitonga, Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Cimahi saat ditemui usai acara.
Pewarta: Isnaningsih |
Kontributor Foto: Youtube Humas Cimahi |
Editor: Sintayawati Wisnigraha |
- 13 kali dilihat