Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jombang tak pernah absen dalam memberikan dukungan pada program Bupati Melayani Warga (Bulaga) yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Jombang. Bentuk dukungan tersebut diwujudkan dengan dibukanya layanan perpajakan bagi masyarakat pengunjung Bulaga. Berlangsung di Balai Desa Tengaran, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Bulaga kali ini mengusung tema “Lebih Dekat, Lebih Cepat” (Rabu, 20/7).

Bupati Jombang Mundjidah Wahab Hadir bersama 22 instansi memberi layanan langsung kepada masyarakat. Mundjidah menyampaikan, masyarakat dari tiga kecamatan di Kabupaten Jombang dapat datang untuk mengakses ragam layanan yang disediakan dengan lebih mudah dan cepat. 

”Acara Bulaga di Desa Tengaran, Kecamatan Peterongan akan dilaksanakan selama dua hari, yakni tanggal 20 Juli untuk melayani masyarakat Kecamatan Peterongan dan tanggal 21 Juli untuk melayani masyarakat Kecamatan Kesamben dan Tembelang,” terang Bupati.

Terdapat 67 jenis pelayanan publik yang terintegrasi, salah satunya layanan konsultasi perpajakan. Fungsional Penyuluh Pajak KPP Pratama Jombang Mohammad Aden mengungkapkan bahwa dua hari sebelum Bulaga diadakan, ia mengirimkan pesan melalui aplikasi WhatsApp berisikan pemberitahuan dan ajakan kepada wajib pajak (WP) untuk menunaikan kewajiban perpajakan.

“Dari sekian banyak yang datang, mayoritas buat lapor SPT Tahunan, karena kami pun menge-blast ke WP wilayah Kecamatan Peterongan yang belum laporan untuk dapat memanfaatkan layanan Bulaga ini,” tutur Aden.

Meskipun berfokus pada aktivitas pelayanan pelaporan SPT Tahunan 2021, menurut penuturan Aden, layanan KPP Pratama Jombang yang dibuka mulai dari pukul 08.00 sampai dengan 13.00 WIB tetap menyediakan layanan administrasi perpajakan lainnya, seperti pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) secara online, pembuatan kode billing untuk pembayaran pajak, serta konsultasi masalah perpajakan.

Didik Budi Setiawan, salah satu wajib pajak orang pribadi membagikan pengalaman atas pelayanan yang ia dapatkan.

“Hari ini saya laporan SPT Tahunan. Alhamdulillah pelayanan hari ini bagus sekali, memuaskan, saya tidak perlu antre kalau ke kantor Jombang jadi cepat sekali ya, dan ternyata lapor SPT secara online itu mudah kalau kita mau belajar,” ujar Didik.

Sependapat dengan Didik, Yudha yang juga seorang karyawan mengaku terbantu dengan adanya layanan Bulaga ini.

“Tadi saya pelaporan pajak SPT Tahunan, sudah online dan pelaporan sangat mudah karena ketidaktahuan saya, jadi saya meminta bantuan Bapak/Ibunya yang bertugas di sini,” ujar Yudha.

Yudha berharap masyarakat umum agar terketuk hatinya untuk memenuhi kewajiban perpajakannya dan senantiasa taat pajak. Ia pun berharap agar pajak dipergunakan sebagaimana mestinya.

"Untuk ke depannya pelayanan biar lebih mudah lagi sehingga masyarakat lebih taat pajak lagi," pungkas Yudha.

Riyanto, salah satu wajib pajak yang hadir agar edukasi dan layanan jemput bola ini senantiasa digelar setiap tahun.

“Untuk tahun ke depannya ya saya mohon dengan hormat untuk diadakan layanan seperti ini lagi,” pinta Riyanto.

 

Pewarta: Zulia Ni'mah
Kontributor Foto: Zulia Ni'mah
Editor: Nine Megawati Zahra