Tim Evaluator Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (PANRB) bersama dengan tim Evaluator Kementerian Keuangan mengunjungi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Semarang Selatan di Semarang (Selasa, 20/9). Kunjungan ini dalam rangka Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) Tahun 2022.

Kunjungan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan evaluasi yang dilakukan tim evaluator untuk menilai pelayanan publik yang telah diberikan oleh KPP Pratama Semarang Selatan kepada masyarakat. Ada beberapa aspek yang dinilai oleh tim evaluator antara lain Kebijakan Pelayanan, Profesionalisme SDM, Sarana dan Prasarana, Sistem Informasi Pelayanan, Publik, Konsultasi dan Pengaduan, serta Inovasi Pelayanan.

KPP Pratama Semarang Selatan menjadi satu-satunya KPP yang mewakili provinsi Jawa Tengah dalam Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) Tahun 2022. PEKPPP adalah evaluasi pelayanan publik yang dilakukan oleh Kementerian PANRB untuk memperoleh nilai indeks pelayanan publik. Dengan nilai indeks yang tinggi, tentu dapat mencerminkan tingkat pelayanan publik yang baik.

Saat sesi diskusi dengan tim evaluator, Hadi Susilo selaku Kepala Kantor menuturkan bahwa KPP Pratama Semarang Selatan selalu mengedepankan prinspi beyond expectation dalam melayani masyarakat. “ Para pegawai KPP Pratama Selatan siap memberikan lebih dari yang diharapkan oleh masyarakat untuk memberikan pelayanan yang terbaik,” ungkapnya.

Lebih lanjut Hadi mengungkapkan bahwa pajak memang identik dengan meningkatkan pundi-pundi penerimaan negara. Namun, perlu diingat bahwa fungsi pelayanan juga melekat pada setiap KPP, melayani masyarakat juga merupakan salah satu tugas pokok seluruh pegawai. “Seluruh pegawai berkomitmen memberikan pelayananan yang terbaik untuk kepuasan tertinggi sebagaimana tertuang pada janji pelayanan KPP Pratama Semarang Selatan,”tutur Hadi.

Dengan adanya PEKPPP ini diharapkan akan semakin mendorong semangat pelayanan dengan melakukan perbaikan terus menerus, sehingga KPP Pratama Semarang Selatan dapat menyandang predikat pelayanan prima untuk mencapai kepuasan masyarakat.

 

 

Pewarta: Hudyoro Indreswara
Kontributor Foto: Hudyoro Indreswara
Editor:Dyah Sri Rejeki