"Sejumlah pajib pajak Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bontang antusias dan aktif melakukan pengisian Survei Kepuasan Pelayanan dan Survei Efektivitas Kehumasan setelah menerima layanan di Loket TPT KPP Pratama Bontang," ucap Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Bontang Deazy Safira (Jumat, 12/1).
Adapun pengukuran dalam survei ini dibagi menjadi dua aspek yaitu tingkat kepuasan pelayanan dan tingkat efektivitas kehumasan.
Tingkat kepuasan pelayanan meliputi kesesuaian persyaratan pelayanan, kemudahan prosedur pelayanan, kecepatan layanan, kesesuaian produk pelayanan, kemampuan petugas, keramahan petugas, sarana dan prasarana, apakah wajib pajak mengetahui saluran resmi pengaduan Direktorat Jenderal Pajak (DJP), dan apakah wajib pajak pernah dipungut biaya atas pelayanan yang diberikan.
Tingkat Ekektivitas Kehumasan meliputi pengetahuan wajib pajak tentang tagline DJP, wajib pajak mengakses informasi perpajakan lebih dari satu kanal, informasi pajak mudah diakses, isi pesan mudah dipahami, dan reputasi DJP saat ini.
"Wajib pajak nampak senang karena bisa memberikan penilaian, masukan/saran atas pelayanan yang Wajib Pajak terima di loket TPT," ucap Deazy.
Survei ini akan berlangsung sepanjang tahun 2024. Harapannya dengan adanya survei ini mampu menghasilkan Indeks Kepuasan Pelayanan, Efektivitas Penyuluhan dan Kehumasan yang akuntabel sehingga bisa meningkatkan pelayanan kepada Wajib Pajak serta perbaikan dari pelayanan yang selama ini diberikan.
DJP khusunya KPP Pratama Bontang sangat mengapresiasi setiap partisipasi wajib pajak dalam menjawab survei tersebut sebagai bagian dari perubahan yang positif untuk DJP.
Pewarta: Selestina Aurilla Putri Hapsari |
Kontributor Foto: Selestina Aurilla Putri Hapsari |
Editor: Mohamad Ari Purnomo Aji |
*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.
- 14 kali dilihat