
Untuk meningkatkan kualitas layanan perpajakan yang diberikan kepada wajib pajak, para punggawa keuangan negara di wilayah Nusa Tenggara mengikuti Forum Penyuluhan, Pelayanan, dan Kehumasan (P2 Humas) yang diselenggarakan oleh Kanwil DJP Nusa Tenggara (Kanwil Nusra) (Rabu, 14/3). Acara berlangsung hingga 15 Maret 2018 di Surabaya. Pada kesempatan tersebut, para peserta forum P2Humas membahas berbagai strategi dan kebijakan-kebijakan agar layanan yang diterima wajib pajak dapat memenuhi ekspektasi yang diharapkan oleh wajib pajak.
Acara dibuka oleh Kepala Kanwil Nusra Suparno. Dalam sambutannya, ia menjelaskan pentingnya perumusan strategi agar layanan yang diberikan seluruh kantor pelayanan di wilayah kerja Kanwil Nusra dapat memuaskan, sehingga akan meningkatkan kepercayaan wajib pajak kepada kantor pajak. Kegiatan forum P2 Humas dibagi menjadi beberapa sesi, sesi monitoring dan evaluasi (monev) pelayanan, sesi monev penyuluhan, serta sesi penganugerahan Kantor Pelayanan Terbaik tahun 2017.
Narasumber dalam sesi monev pelayanan yaitu Kepala Bidang P2 Humas Widi Widodo, Kepala Sesi Bimbingan Pelayanan dan Konsultasi Joko Hadi Parwoto, Kepala Seksi Dukungan Teknis Komputer Priyo Toni Wijaya, serta Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen Ardi Nugroho. Para narasumber tersebut secara bergiliran menyampaikan beberapa materi, seperti monev pelayanan, evaluasi optimalisasi peran KP2KP, percepatan perekaman bukti penerimaan SPT Tahunan, tindak lanjut kegiatan KSWP, dan review peraturan perpajakan terbaru. Acara forum pelayanan ditutup oleh focus group discussion yang membahas berbagai kendala dalam pemberian layanan kepada wajib pajak dan bersama-sama mendiskusikan cara menyelesaikan kendala-kendala tersebut.
Sesi berikutnya yaitu penganugerahan Kantor Pelayanan Terbaik yang bertujuan untuk mengapresiasi kantor-kantor pelayanan yang dapat memenuhi bahkan melebihi standar-standar yang telah ditetapkan dalam memberikan layanan yang maksimal kepada wajib pajak. “Kita akan senantiasa meningkatkan mutu dan kualitas layanan yang diberikan kepada wajib pajak,” ujar Nico Herry Janto, selaku Kepala Kantor KPP Pratama Praya yang meraih juara pertama KPP terbaik dalam Kantor Pelayanan Terbaik 2017. Perlu diketahui bahwa kompetisi seperti Kantor Pelayanan Terbaik ini diperlukan untuk mengapresiasi usaha lebih yang dilakukan kantor-kantor pelayanan, serta untuk memotivasi kantor-kantor pelayanan dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada wajib pajak.
Forum P2 Humas ditutup dengan sesi monev penyuluhan yang diikuti oleh Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan, Kepala KP2KP, Kepala Seksi Pelayanan, Kepala Seksi Waskon I dan AR Waskon I. Monev penyuluhan bertujuan untuk mendiskusikan cara yang efektif untuk mengedukasi masyarakat mengenai pajak, sehingga diharapkan dapat menghasilkan generasi yang sadar pajak. Sesi ini dibuka dengan penyampaian pengantar monev penyuluhan yang disampaikan oleh Widi Widodo. Widi menyampaikan beberapa cara untuk memberikan penyuluhan yaitu melalui edukasi, inklusi, diseminasi, dan sharing session yang memiliki tujuan berbeda-beda. Acara dilanjutkan dengan pemaparan mengenai manajemen pelaksanaan kegiatan penyuluhan, business development service, dan inklusi kesadaran pajak dalam pendidikan yang berturut-turut disampaikan olek Kepala KP2KP Labuan Bajo Gregorius Yerusalem, Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Ende Yohanes Aryo Wijananto, dan Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen Ardi Nugroho. Sesi ini ditutup dengan penyampaian ilmu dan strategi-strategi baru untuk memberikan pelayanan yang maksimal demi menghasilkan generasi yang sadar dan cinta pajak.
- 209 kali dilihat