Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Sinjai terus bersiap dan berbenah menjelang kegiatan akbar DJP yakni masa pelaporan SPT Tahunan. KP2KP Sinjai pun menambah alat bantuan pelayanan berupa mesin antrean baru yang dipasang di area Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) KP2KP Sinjai (Senin, 30/12).

Kepala KP2KP Sinjai Taufik Kahar menyatakan, “Mesin antrean ini sebenarnya telah dicanangkan sejak tahun-tahun anggaran yang lalu, namun baru terwujud sekarang ini.” Taufik juga menambahkan bahwa ketersediaan mesin antrean sangat diperlukan untuk menunjang pelayanan dan efisiensi tugas pegawai. “Selama ini, kantor mengandalkan tenaga honor untuk mengatur antrean sekaligus menjadi pengarah layanan dari pintu masuk hingga loket pelayanan,” ujar Taufik Kahar. Dengan adanya mesin antrean baru ini, ia berharap tugas tenaga honor dapat dialihkan untuk membantu wajib pajak dalam melakukan pelaporan.

Dalam menghadapi tahun baru dan masa pelaporan SPT Tahunan, KP2KP Sinjai juga mengantisipasi adanya lonjakan jumlah wajib pajak yang datang. Salah satu cara yang dilakukan KP2KP Sinjai adalah dengan mengadakan sosialisasi sederhana kepada setiap masyarakat ber-NPWP yang datang di KP2KP Sinjai dengan berbagai macam keperluan. “Kami arahkan kepada bendaharawan yang berkonsultasi rutin di helpdesk untuk meminta EFIN, dan melakukan simulasi langsung pelaporan SPT secara e-filling melalui gadget masing-masing,” ujar Taufik Kahar. Selain bendaharawan, wajib pajak yang menjadi sasaran sosialisasi adalah usahawan yang meminta billing setiap bulan untuk pembayaran PPh Final.

Evaluasi pelayanan juga dilakukan KP2KP Sinjai dalam menghadapi masa pelaporan SPT Tahunan 2019 yang dibahas dalam IHT Morning Activity. Pada kegiatan tersebut kepala KP2KP Sinjai yang memberikan sambutan menyatakan bahwa perlu adanya persiapan untuk menghadapi tantangan di tahun baru 2020. “Untuk kantor pajak, momentum tahun baru berarti momentum juga untuk bersiap menghadapi pelaporan SPT Tahunan, target penerimaan baru, serta evaluasi pelayanan tahun sebelumnya,” ujar Taufik dalam sambutannya. Dengan adanya tambahan alat penunjang pelayanan berupa Mesin Antrean, Sosialisasi SPT Tahunan yang dilakukan rutin dan evaluasi pelayanan yang telah dilakukan, harapannya KP2KP Sinjai dapat terus memberikan citra positif dan pelayanan prima kepada wajib pajak.