Program Kehumasan Pemerintah bertemakan Program Pengungkapan Sukarela (PPS) dan akun media sosial TikTok Direktorat Jenderal Pajak (DJP) @DitjenPajakRI masing-masing meraih Gold Winner dan Silver Winner dalam acara penyerahan penghargaan Anugerah Humas Indonesia 2022 di Malang (Jumat, 28/10).

Selain itu, DJP meraih Gold Winner untuk kategori kanal digital, subkategori media sosial Instagram dan Silver Winner untuk kategori media internal, Subkategori e-Magazine majalah Intax edisi 3 tahun 2022.

“Saya gembira sekali dengan perolehan ini. Ajang ini jadi tempat belajar dan berbenah terus menerus buat kami. Terpenting lagi adalah ini pertanda pesan yang kami kelola bisa sampai kepada pemangku kepentingan utama kami, yaitu wajib pajak,” kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Neilmaldrin Noor.

Menurut Neil, dalam perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat dan masyarakat yang sudah akrab dengan dunia digital, DJP selalu ingin memanfaatkan semua kesempatan dan kanal yang ada untuk lebih dekat lagi dengan masyarakat.

“Media sosial jadi kanal utama pada saat ini untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan tepat kepada masyarakat. PPS bisa berhasil salah satunya didukung adanya kanal media sosial,” tambah Neil.

Dalam siaran pers yang dibagikan, salah satu juri Asmono Wikan mengatakan, AHI 2022 merupakan barometer bagi praktisi humas pemerintah dan PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) dalam menjalankan kinerja keterbukaan informasi publik dan kehumasan pemerintah yang ekselen. “Inovasi keterbukaan informasi badan publik, memang merupakan salah satu indikator yang kami cari dari para pemenang AHI 2022,” ujar Asmono Wikan.

AHI 2022 menjadi tahun keempat ajang ini. Sebanyak 282 proposal lomba dari 59 badan publik tercatat mengikuti kompetisi AHI 2022 yang memperlombakan tujuh kategori.

Berikut senarai pemenang dalam sebagian kategori.

Subkategori Media Sosial Instagram

1. GOLD WINNER : Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan RI

2. SILVER WINNER : Kementerian Keuangan RI

3. SILVER WINNER : Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang

4. BRONZE WINNER : PT Waskita Beton Precast Tbk

5. BRONZE WINNER : PT Kereta Api Indonesia (Persero)

6. BRONZE WINNER : PT MRT Jakarta (Perseroda)

7. BRONZE WINNER : Kementerian Kelautan dan Perikanan RI

8. BRONZE WINNER : Kementerian Pertanian RI

9. BRONZE WINNER : Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)

10. BRONZE WINNER : Institut Pertanian Bogor

 

Subkategori Media Sosial TikTok

1. GOLD WINNER : Kementerian Keuangan RI

2. SILVER WINNER : Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan RI

3. BRONZE WINNER : Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH)

4. BRONZE WINNER : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan

 

Kategori Program Kehumasan Pemerintah (Government Public Relations/GPR), Subkategori Kementerian

1. GOLD WINNER: Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan RI

2. BRONZE WINNER: Kementerian Keuangan RI

 

Subkategori E-Magazine

1. GOLD WINNER: Bank Indonesia

2. GOLD WINNER: Bank Indonesia

3. GOLD WINNER: Bank Indonesia

4. GOLD WINNER: Bank Indonesia

5. SILVER WINNER: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI

6. SILVER WINNER: Kementerian Keuangan

7. SILVER WINNER: Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan RI

8. BRONZE WINNER: PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara

9. BRONZE WINNER: Kementerian Pertanian RI

10. BRONZE WINNER: PT Timah (Persero)

11. BRONZE WINNER: PT Timah (Persero)

12. BRONZE WINNER: Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang

13. BRONZE WINNER: Pemerintah Provinsi Aceh

14. BRONZE WINNER: Pertamina Drilling Services Indonesia

 

 

 

Pewarta: RZ
Kontributor Foto: Febri Noviardi
Editor: RZ