Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Mukomuko melaksanakan kegiatan Pajak Bertutur (Patur) yang diikuti 39 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Mukomuko di Jalan Sultan Gelumat, Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko, Kabupaten Mukomuko (Kamis, 18/8).

Kegiatan dilaksanakan secara tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Pukul 09.00 setempat, acara dibuka dengan menyanyikan bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala KP2KP Mukomuko Tomi Wiranto dan Kepala SMP Negeri 3 Mukomuko Ismardiani.

Dalam kata sambutannya, Tomi Wiranto menjelaskan mengenai tema Patur tahun 2022 tahun ini, Generasi Sadar Pajak Muda Berkreasi Membangun Negeri, yaitu generasi muda diharapkan memiliki motivasi untuk menghasilkan karya yang kreatif dan inovatif serta berkontribusi aktif dalam membangun Indonesia di masa depan nantinya. Pada kesempatan yang sama dijelaskan juga bahwa kegiatan Patur dilaksanakan serentak pada 18 Agustus 2022 dengan melibatkan 204 KP2KP, 301 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama, dan unit vertikal Direktorat Jenderal Pajak (DJP) lainnya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Saya berharap semua siswa SMP Negeri 3 Mukomuko yang mengikuti Patur saat ini dapat memperhatikan materi yang disampaikan dan mengikuti semua kegiatan dengan baik karena tidak semua sekolah dapat terpilih dan memiliki kesempatan untuk mengikuti kegiatan Patur,” ungkap Ismardiani dalam sambutannya.

Untuk membuat kegiatan lebih menarik, pemateri dari KP2KP Mukomuko dalam melaksanakan kegiatan Patur tidak hanya berpusat pada penyampaian materi, tetapi juga diselingi dengan games dan ice breaking untuk membuat peserta lebih antusias dalam mengikuti jalannya kegiatan. Acara yang dikemas menarik dan interaktif ini membuat semangat para siswa meningkat dalam menerima materi dan mengikuti jalannya acara. “Acaranya sangat menarik dan menyenangkan, semoga bisa terus dilaksanakan,” ujar Muhammad Fadil, siswa Kelas VIII C yang mengikuti acara Patur.

Acara Patur 2022 ditutup dengan penyerahan hadiah kuis oleh pemateri dari KP2KP Mukomuko kepada para siswa, penyerahan plakat Patur 2022 oleh Kepala KP2KP Mukomuko kepada Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Mukomuko serta acara foto bersama seluruh siswa-siswi SMP Negeri 3 Mukomuko beserta Kepala Sekolah dan pihak dari KP2KP Mukomuko.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan Pajak Bertutur ini bisa meningkatkan pengetahuan tentang pajak dan program inklusi kesadaran pajak kepada generasi muda sebagai pemegang estafet pembangunan di masa depan," ujar Tomi sebelum acara ditutup.

 

Pewarta: Tomi Wiranto
Kontributor Foto: Ahmad Satria Mandala Kahfi
Editor: Imam Dharmawan, Mutia Ulfa