Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sumbawa Besar menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik dalam rangka peningkatan pemberian pelayanan prima secara luring di Ruang Rapat Lantai 2 KPP Pratama Sumbawa Besar (Kamis, 9/11).

Forum Konsultasi Publik yang dihadiri oleh 15 peserta ini bertujuan untuk melakukan peninjauan ulang atas standar pelayanan KPP Pratama Sumbawa Besar dan juga evaluasi atas penyelenggaraan pelayanan tersebut.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengundang stakeholder dari berbagai unsur masyarakat yang terdiri dari perwakilan instansi pemerintah, lembaga sosial masyarakat, organisasi masyarakat, media massa, serta perwakilan pengguna layanan (wajib pajak) KPP Pratama Sumbawa Besar.

Acara dibuka oleh Kepala KPP Pratama Sumbawa Besar Abdul Gafur, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Seksi Pelayanan Novie Kusumawati.

“Kami mengundang perwakilan stakeholder pada forum ini untuk dapat memberikan saran dan masukan terkait pelayanan pada kantor kami, terutama agar dapat lebih menyesuaikan dengan adat istiadat tana samawa,” ucap Abdul Gafur dalam sambutannya.

Pada sesi diskusi dan tanya jawab, peserta yang hadir secara aktif memberikan apresiasi, kritik, maupun masukan terhadap penyelenggaraan pelayanan di KPP Pratama Sumbawa Besar.

“Kami sangat mengapresiasi layanan yang diberikan selama ini. Saya menjadi wajib pajak sudah dari lama dan sangat merasakan perubahan pemberian layanan yang diberikan semakin baik dan mudah,” ujar Dwida Nuraida, perwakilan PT Ida Kurnia Abadi.

Deddy Icak salah satu peserta perwakilan dari Radio Rasesa FM Sumbawa juga turut memberikan aspirasinya. “Kami sangat mengapresiasi hubungan dan kerja sama yang telah dibangun antara KPP Pratama Sumbawa Besar dengan Radio Rasesa FM, bahkan salah satu faktor radio ini masih beroperasi sampai sekarang berkat dukungan dari kantor pajak ini. Harapannya, kantor pajak dapat terus memberikan sosialisasi dan juga edukasi kepada masyarakat di Sumbawa, dan kami juga siap membantu melalui siaran radio agar terjangkau ke seluruh daerah di Sumbawa,” ujarnya.

Kegiatan ini menghasilkan kesepakatan, berupa penetapan kembali standar pelayanan di lingkungan KPP Pratama Sumbawa Besar yang meliputi 83 jenis layanan. Mulai dari peningkatan kompetensi pengarah layanan dan juga petugas TPT, perbaikan sarana dan prasarana di lantai 3 tempat sosialisasi, kerja sama dengan tax center dengan melakukan office tour, serta penambahan petugas helpdesk di waktu tertentu. Dengan begitu, diharapkan ke depannya KPP Pratama Sumbawa Besar dapat memberikan pelayanan lebih prima kepada wajib pajak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Acara ditutup oleh Abdul Gafur dengan mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang sudah bersedia hadir dan juga atas masukan yang diberikan terhadap pelayanan KPP Pratama Sumbawa Besar lalu dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara.

 

 

 

Pewarta: Komang Jnana Shindu Putra
Kontributor Foto: Novenda Rian Purwosambodo
Editor: Nur Hafissa Azrin

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.