Kantor Pelayanan pajak (KPP) Pratama Bandung Tegalega menggelar  kegiatan Business Development Service (BDS)  Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) di Lower Ground Cihampelas Walk Jalan Cihampelas No 160 Kota Bandung (Jumat, 12/8).

Kegiatan tersebut merupakan undangan langsung dari Dinas UMKM dalam rangka memperingati Hari Nasional UMKM yang jatuh pada 12 Agustus yang mengambil tema “UMKM Kuat Bangsa Berdaulat”.

Puncak Hari Nasional UMKM trsebut diikuti oleh berbagai Dinas UMKM di Provinsi Jawa Barat dan Sumatera Selatan. Total sebanyak 27 dinas yang membuka gerai dan menampilkan berbagai produk umkm fashion, kuliner, kerajinan dan tekstil.

Tak terkecuali KPP Pratama Bandung Tegallega yang membuka gerai untuk layanan konsultasi perpajakan, aplikasi perpajakan, konsultasi NPWP, pemutakhiran data NIK dan layanan pajak lainnya.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini agar para pelaku usaha UMKM memperoleh hal-hal baru untuk meningkatkan omzet usahanya yang pada akhirnya turut meningkatan penerimaan negara melalui pembayaran pajak mereka

Kegiatan di awali dengan sambutan dari Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia Teten Masduki. Turut Hadir pula Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mendampingi.

Dalam sambutannya Teten mengapresiasi kedua provinsi agar terus mendorong UMKM dan menampilkan produk hasil UMKM nya.

“Saya memberikan apresiasi kepada Gubernur Jawa Barat dan Sumatera Selatan sehingga kegiatan ini menjadi ajang bagi UMKM untuk mempromosikan produknya,” ungkap Teten.

Kegiatan dilanjutkan dengan dilaksanakan perjanjian kerjasama dari kedua provinsi dalam rangka menguatkan perdagangan antar provinsi. Dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Gubernur Jawa Barat dan Gubernur Sumatera Selatan. Dengan dilaksanakannya Harnas UMKM 2022 tersebut  sebagai upaya pemulihan ekonomi serta bentuk promosi untuk mendukung peningkatan produk dalam negeri. 

 

Pewarta: Sandi Mochamad Gumilar
Kontributor Foto: Devia Sri Maharani
Editor: Sintayawati Wisnigraha, Arif Miftahur Rozaq