Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama CIamis menggelar sosialisasi tentang inovasi Kegiatan Layanan Help Desk Online bertajuk Galendo kepada seluruh pegawai Jl. Drs. H. Soejoed, Kertasari, Kabupaten Ciamis (Rabu, 5/4). Dalam kesempatan tersebut, Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Ciamis Achmad Prasetyo menyampaikan latar belakang dibuatnya inovasi Galendo ini.

“KPP Pratama Ciamis memiliki wilayah kerja yang luas terdiri dari Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran dengan jarak kecamatan paling jauh sekitar 100 km dengan didukung dua kantor layanan yaitu KP2KP Banjar dan Pos Pelayanan Perpajakan Pangandaran,” ungkap Prasetyo. Ia menambahkan bahwa petugas helpdesk yang notabene adalah asisten penyuluh pajak jumlahnya terbatas serta memiliki tugas yang cukup banyak di KPP Pratama Ciamis sehingga tidak memungkinkan untuk ditugaskan secara rutin di dua kantor layanan tersebut.

Lebih lanjut, Prasetyo menjelaskan bahwa petugas pelayanan di Pos Pelayanan Pangandaran atau KP2KP Banjar hanya dapat melayani permohonan wajib pajak dan memberikan konsultasi perpajakan secara umum sehingga wajib pajak yang berkonsultasi atas layanan tertentu seperti  pelaporan SPT Tahunan Badan, e-Faktur, e-Bupot tidak dapat terlayani. KPP Pratama Ciamis sudah memberikan layanan helpdesk online via chatting Whatsapp tetapi kurang  berjalan optimal karena tidak langsung berkomunikasi tatap muka dengan wajib pajak.

“Untuk itu di buatlah suatu inovasi berupa Kegiatan Layanan Help Desk Online  yang disingkat menjadi “Galendo” secara tatap muka virtual. Petugas helpdesk KPP Pratama Ciamis juga dapat melakukan remote atas aplikasi yang dibuka di laptop atau PC di KP2KP Banjar dan Pos Pelayanan Pangandaran. Sehingga kesulitan yang dialami oleh wajib pajak khususnya mengenai aplikasi yang tidak dapat diselesaikan oleh petugas TPT kedua kantor tersebut dapat dibantu oleh petugas helpdesk KPP Pratama melalui Galendo. Kendala yang dihadapi secara umum tergantung kepada kelancaran jaringan," ujar Prasetyo menjelaskan.

Prasetyo berharap keluhan wajib pajak yang berdomisili jauh dari KPP Pratama Ciamis untuk berkonsultasi melalui helpdesk atas permasalahan perpajakan khususnya tentang aplikasi dapat teratasi sehingga akan meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

Pewarta:  Hanura Ilham Sujatmoko
Kontributor Foto: KPP Ciamis
Editor: Sintayawati Wisnigraha, Zacky Rasyid

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.