Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Purwokerto Raden Agus Setiawan menerima kunjungan kerja Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II Slamet Sutantyo di KPP Pratama Purwokerto, Kecamatan Purwokerto Timur, Banyumas (Kamis, 21/3).
Pada kunjungan kerja yang dilakukan dalam rangka meninjau dan mengevaluasi pelaksanaan penerimaan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan yang ada di KPP Pratama Purwokerto ini, Slamet didampingi oleh Kepala Seksi Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Jawa Tengah II Waruno Suryohadi dan Fungsional Penyuluh Pajak Ahli Madya Kanwil DJP Jawa Tengah II Timon Pieter.
Raden menyambut baik kunjungan ini dan menegaskan komitmen KPP dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada wajib pajak untuk meningkatkan kepatuhan penyampaian SPT Tahunan. Selain mengimbau pemberi kerja untuk lebih awal menerbitkan bukti potong 1721 A1 atau A2, pihak KPP juga melakukan koordinasi dan sosialisasi ke dinas atau instansi yang memiliki karyawan banyak untuk membantu pelaporan SPT mereka.
“Selain itu, kami juga membuka Pojok Pajak di sebelas kecamatan untuk mendekatkan layanan ke masyarakat sehingga tidak perlu datang ke KPP,” ujar Raden. “Untuk pengelolaan penerimaan SPT Tahunan ini kami bekerja sama dengan dua Tax Center yaitu Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), serta memberdayakan 26 relawan pajak mahasiswa dari Unsoed, UMP, dan UNS,” imbuh Raden.
Saat meninjau Aula KPP Pratama Purwokerto yang menjadi ruang penerimaan SPT Tahunan, Slamet menyapa wajib pajak yang sedang mendapatkan layanan dari Nabila, salah satu relawan pajak. “Karena mengisinya setahun sekali, jadi lupa caranya,” ujar Asep, saat ditanya alasannya membutuhkan bantuan asistensi pengisian SPT Tahunan.
Slamet menyampaikan pentingnya peran relawan pajak sebagai bagian dari strategi pelayanan perpajakan yang inklusif. “Relawan pajak merupakan suatu program dari Direktorat Jenderal Pajak dalam rangka edukasi perpajakan. Di sini, kami melibatkan mahasiswa yang secara sukarela berpartisipasi dalam mendukung kegiatan pelayanan dan sosialisasi perpajakan, serta membantu masyarakat dalam memahami kewajiban perpajakan, salah satunya membantu wajib pajak dalam pelaporan SPT,” ujar Slamet.
Selain menyapa wajib pajak, tim Kanwil DJP Jawa Tengah II juga berinteraksi langsung dengan petugas yang sedang melakukan layanan. Salah satu relawan, Anisa, menyampaikan, salah satu soalan sering ditanya oleh wajib pajak terkait lupa Electronic Filing Identification Number (EFIN).
“Kalau lupa EFIN, sebelum meminta wajib pajak mengajukan permintaan kembali EFIN, coba minta wajib pajak untuk mengecek kembali email-nya. Kalau email-nya masih sama dengan yang digunakan pada saat dahulu melakukan aktivasi, maka kemungkinan besar data EFIN itu ada di email wajib pajak,” ujar Timon memberikan solusi.
Raden berharap, dengan kunjungan ini pegawai pajak dan relawan yang bertugas dapat termotivasi dan memberikan layanan yang semakin baik dan memudahkan masyarakat dalam memenuhi kewajiban perpajakan secara benar, lengkap, dan jelas.
Pewarta: Meirna D |
Kontributor Foto: Wendy |
Editor: Waruno Suryohadi |
*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.
- 40 kali dilihat