Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Yogyakarta menyelenggarakan sosialisasi pemutakhiran data kepada pegawai Gardena di Kantor Gardena, Gondokusuman, Kota Yogyakarta (Rabu, 12/10). Sosialisasi ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut diimplementasikannya PMK Nomor 112/PMK.03/2022 tentang Nomor Pokok Wajib Pajak Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi, Wajib Pajak Badan, dan Wajib Pajak Instansi Pemerintah.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut, KPP Pratama Yogyakarta mencanangkan inovasi penetapan Agen Pemutakhiran Data. Terdapat 10 peserta yang menjadi agen dari Gardena Department Store ini.

Fungsional Penyuluh Nanang Krisbianto, Intan Atika, dan Fida Kharisma memberikan pengarahan tata cara pemutakhiran data wajib pajak  melalui akun djponline. Para pegawai secara langsung dipandu untuk mempraktekkan pemutakhiran data tersebut dengan akun masing-masing.

Pada akhir sesi, Nanang mengajak seluruh peserta yang mengikuti sosialisasi untuk menjadi Agen Pemutakhiran Data. Setelah berhasil memutakhirkan data masing-masing, setiap agen diberi misi untuk mengampanyekan pemutakhiran data wajib pajak kepada karyawan lainnya. Dengan dibekali informasi dari tim penyuluh KPP Pratama Yogyakarta, setiap agen tersebut dapat membagikan pengalaman dan informasi mengenai pemutakhiran data tersebut kepada rekan kerja maupun keluarganya. Rantai informasi ini akan terus berkembang sehingga semakin banyak masyarakat yang memahami proses pemutakhiran data dan melaksanakannya.

“Sistem ini dicanangkan supaya penyebarluasan informasi dan tata cara pemutakhiran data dapat lebih efektif dan cepat dilaksanakan,”tutur Nanang.

Nanang menambahkan bahwa sosialisasi agen pemutakhiran data di Kantor Gardena diharapkan dapat menjadikan Gardena sebagai salah satu entitas pelopor agen pemutakhiran data di Kota Yogyakarta.

Gardena merupakan department store dan supermarket pertama di Yogyakarta yang didirikan sejak tanggal 1 Januari 1977. Dalam logonya, Gardena memiliki simbol lingkaran merah yang menunjukkan semangat kerja tinggi, tekad untuk memuaskan masyarakat, dan pantang putus asa dalam menghadapi tantangan. Nilai tersebut selaras dengan nilai Kementerian Keuangan, yaitu Profesionalisme dan Pelayanan. Nanang berharap, sinergi antara KPP Pratama Yogyakarta dan Gardena dalam pembentukan agen pemutakhiran data ini dapat mempercepat penyelesaian pemutakhiran data oleh masyarakat.

 

Pewarta: Ikasari Khoirunisa
Kontributor Foto: Fida Kharisma
Editor: Wiwin Nurbiyati