Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bengkulu Satu dan KPP Pratama Bengkulu Dua melakukan kolaborasi dalam rangka kegiatan asistensi terkait pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan dan program pemadanan Nomor Induk Kependudukan (NIK) menjadi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) melalui pojok pajak yang digelar pada akhir pekan kemarin. Kegiatan pojok pajak ini diselenggarakan di Bencoolen Indah Mall (BIM) yang berlokasi di Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu (Sabtu-Minggu, 18-19/03). Pojok pajak tersebut dimulai dari pukul 10.00 sampai dengan 21.00 WIB.

Pelayanan utama yang diberikan pada pojok pajak kali ini yaitu asistensi pelaporan SPT Tahunan dan pemadanan NIK-NPWP. Namun di samping pelayanan utama, pojok pajak ini juga memberikan pelayanan lainnya, seperti konsultasi perpajakan, permohonan aktivasi atau permintaan kembali EFIN, dan asistensi pendaftaran NPWP secara online.

Pengambilan jadwal di akhir pekan dan tempat pojok pajak di mal merupakan pilihan yang tepat karena akhir pekan merupakan hari di mana orang-orang tidak bekerja pada umumnya sehingga pasti banyak yang berkunjung ke tempat-tempat tertentu seperti halnya mal. Terlebih lagi saat ini merupakan saat di mana bulan suci Ramadhan akan tiba, tentunya sebuah mal akan ramai dikunjungi untuk keperluan belanja yang berkaitan dengan bulan Ramadhan dan lebaran.

Para pengunjung pun memberikan antusiasme terhadap pojok pajak ini karena letaknya yang ada di dekat pintu masuk mal sehingga mereka akan tertarik untuk mendatanginya. Sebagian besar pengunjung yang datang di pojok pajak ini merupakan Wajib Pajak Orang Pribadi yang ingin melaporkan SPT Tahunannya karena mengalami lupa password DJP Online dan EFIN. Ada pula yang ingin membuat NPWP secara online namun tidak mengerti tahapannya sehingga memutuskan untuk menghampiri pojok pajak. Sembari diarahkan untuk pelaporan SPT Tahunan, wajib pajak juga diberi penjelasan mengenai program pemadanan NIK menjadi NPWP oleh pegawai pajak agar NIK mereka segera dipadankan menjadi NPWP demi mempermudah proses administrasi perpajakan ke depannya.

"Saya merasa terbantu dengan adanya pelayanan pajak di sini, karena di hari kerja cukup sulit bagi saya sebagai karyawan untuk izin ke luar demi ke kantor pajak," ujar salah satu wajib pajak. Mereka juga merasa puas ketika dipandu langsung oleh petugas pajak yang berada di sana.

Adanya kegiatan seperti ini, KPP Pratama Bengkulu Satu berharap mampu memberikan kemudahan bagi wajib pajak dan meningkatkan kesadaran serta pemahamannya dalam melaporkan SPT Tahunan secara mandiri melalui e-Filing.

Pewarta: Diaz Restu Pramudya
Kontributor Foto: Satria Marcelino
Editor: Raden Rara Endah Padminingrum