
Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Rumbia turut serta menjadi salah satu partisipan dalam penyelenggaraan peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kelurahan Kasipute, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Bombana yang dulunya sebagai Gedung Serba Guna (Rabu, 11/11). Pihak KP2KP Rumbia diundang oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Bombana untuk memberikan pelayanan perpajakan di Mal Pelayanan Publik untuk mengoptimalkan pelayanan kepada Masyarakat Bombana di era kenormalan baru.
Soft Opening Mal Pelayanan Publik Bombana diresmikan oleh Bupati Kabupaten Bombana H. Tafdil. Nantinya Grand Opening MPP Bombana digelar pada waktu ulang tahun Kabupaten Bombana pada 18 Desember nanti. Bupati mengatakan bahwa MPP merupakan pusat pelayanan terpadu satu pintu dan bertujuan untuk mempermudah segala pelayanan, khususnya pelayanan pada masyarakat Bombana.
"Seluruh Masyarakat Bombana yang ingin mengurus soal administrasi, surat izin, atau surat keterangan lainnya, disini lengkap semua," terang H. Tafdil dalam sambutanya. "Cukup datang ke MPP, segala jenis pelayanan sudah ada di sini, sudah tersedia dan pegawai-pegawainya juga sama ada di sini. Terkait jam pelayanan, juga sama dengan jam kantor. Buka pada pukul 07.30 dan tutup pelayanan pada pukul 16.00," tambah H. Tafdil.
Mal Pelayanan Publik Bombana merupakan MPP pertama di Sulawesi Tenggara. Terdiri dari 14 loket pelayanan instansi dan 122 jenis pelayanan. Adapun pelayanan pajak yang diberikan oleh KP2KP Rumbia adalah Pendaftaran NPWP, Pelaporan SPT Masa dan Tahunan, Konfirmasi Status Wajib Pajak, Perubahan Data WP, Konsultasi Perpajakan, Pembuatan Kode Billing, dan Aktivasi Efin.
"Dengan diadakannya MPP Bombana, jadi ada dua tempat pelayanan pajak di Bombana, kantor KP2KP Rumbia dan MPP Bombana. Kami sudah membagi pegawai untuk berjaga di kantor dan di MPP. Jadi kalau ada wajib pajak yang datang ke kantor pajak masih kami layani, karena juga ada pegawai yang tetap jaga di kantor," kata Agus Sudono selaku Kepala KP2KP Rumbia.
"Justru dengan diadakan Mal Pelayanan Publik, akan memudahkan pelayanan pajak bagi masyarakat Bombana. Berkaca pada sambutan dari Pak Bupati, segala urusan dari kelahiran hingga kematian bisa diurus satu tempat. Sehingga dapat memudahkan masyarakat Bombana dalam melaksanakan segala urusannya, bukan hanya dari perpajakan saja," tambah Agus Sudono.
KP2KP Rumbia tetap memberlakukan protokol kesehatan dalam melayani wajib pajak di MPP. Seluruh wajib pajak yang datang wajib mengenakan masker, dilakukan pengecekan suhu tubuh, dan membasuh tangan menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki loket pelayanan pajak, serta selalu menjaga jarak dengan petugas pajak.
- 115 kali dilihat