Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Kanwil DJP Suluttenggomalut) menyelenggarakan acara Pajak Berisyarat di ruang rapat lantai dua Kanwil DJP Suluttenggomalut, Kota Manado (Selasa, 15/8). Kegiatan edukasi ini turut mengundang 15 Teman Tuli dari Kota Manado dan sekitarnya, serta dihadiri pula oleh Ketua Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin) DPD Provinsi Sulut Anita L. J. serta Ketua Gerkatin DPC Kota Manado Marcel Wetik.

Program ini mengacu pada Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-12/PJ/2021 yang mengatur tentang edukasi perpajakan bagi masyarakat dantentu sajawajib pajak. Perlu diketahui sejenak, Pajak Berisyarat merupakan kegiatan edukasi perpajakan untuk memberikan kesetaraan akses informasi perpajakan kepada para penyandang disabilitas, untuk program ini dikhususkan kepada para Teman Tuli yang telah memenuhi syarat subjektif dan objektif. Program ini diadakan sebagai momentum untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada tanggal 3 Desember. DJP sendiri baru meluncurkan program Pajak Berisyarat ini pertama kali pada tahun 2021.

Penyuluh Pajak Dasa Midharma Putera hadir untuk memberikan materi seputar Kewajiban Perpajakan Wajib Pajak Orang Pribadi dengan Peredaran Bruto Tertentu. Untuk memudahkan proses penyampaian materi perpajakan, pada kesempatan tersebut Kanwil DJP Suluttenggomalut turut pula mengundang Juru Bahasa Isyara (JBI) Donna Christa sebagai penerjemah. Donna berdiri disamping Dasa sembari menerjemahkan apa yang diucapkan Dasa dengan Bahasa Isyarat.

Program Pajak Berisyarat kali ini berjalan dengan lancar dan baik. Sejumlah Teman Tuli yang hadir pun melontarkan pertanyaan-pertanyaan seputar materi perpajakan yang telah disampaikan oleh Dasa. Dasa mengaku senang atas berjalannya program ini. Di luar acara, Dasa mengatakan bahwa Pajak Berisyarat ini diharapkan dapat membuka kesempatan dan menjangkau Teman Tuli untuk memperoleh informasi perpajakan yang jelas dan tepat.

 

Pewarta: Syafa'at Sidiq Ramadhan
Kontributor Foto: Syafa'at Sidiq Ramadhan
Editor: Satrio Ramadhan

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.