Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bandar Lampung Dua melaksanakan penyitaan aset wajib pajak berupa satu unit mobil Mitsubishi Strada tahun 2015 milik PT PMP di PT PMP, Kota Bandar Lampung (Senin, 12/8). Pelaksanaan sita ini berlokasi di Halaman Parkir KPP Pratama Bandar Lampung Dua.

Tindakan penyitaan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut penagihan utang pajak yang belum dilunasi oleh wajib pajak dalam waktu 2x24 jam setelah pemberitahuan surat paksa. Wajib pajak secara sukarela menyerahkan aset yang dimiliki untuk mengurangi utang pajaknya akibat masalah likuiditas keuangan yang dialami Wajib Pajak Badan tersebut. Aset berupa satu unit mobil ini adalah aset kedua yang disita oleh Juru Sita Pajak Negara (JSPN) KPP Pratama Bandar Lampung Dua terhadap PT PMP. Sebelumnya, JSPN KPP Pratama Bandar Lampung Dua telah melakukan penyitaan berupa satu unit mobil Mitsubishi L300 pada tahun 2022.

Perwakilan dari wajib pajak PT PMP telah menyetujui penyitaan dan bersikap kooperatif dengan petugas pajak. Juru Sita Pajak Negara (JSPN) KPP Pratama Bandar Lampung Dua Muhamad Wahyu Harseno melakukan eksekusi sita satu unit mobil tersebut dengan menyematkan segel sita di badan mobil serta penandatanganan Berita Acara Penyitaan yang turut ditandatangani oleh saksi yang hadir.

“Kegiatan penyitaan ini merupakan salah satu tindakan hard collection karena secara runtutan tindakan penagihan pajak sudah dilakukan secara maksimal sampai tahap penyitaan. Namun, wajib pajak masih tidak bisa melunasi utang pajaknya. Kami harap kegiatan sita dapat menimbulkan deterrent effect atau efek gentar kepada wajib pajak sehingga wajib pajak sadar untuk memenuhi kewajiban perpajakannya sebelum jatuh tempo,” tutur Wahyu.

 

Pewarta: Yolanda Permata Yanra
Kontributor Foto: Shinta Octavia
Editor: Imam Dharmawan

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.