
Kantor Wilayah DJP Jawa Barat I menggelar Penganugerahan Kantor Pelayanan Terbaik dengan tema "Berjuang Melayani untuk Indonesia Hebat" di Gedung Keuangan Negara, Jl. Asia Afrika No. 114, Bandung (Kamis, 15/10).
Kepala Kanwil DJP Jawa Barat I Neilmaldrin Noor mengatakan, tema ini dipilih karena terkait erat dengan Kota Bandung yang menyimpan sejarah panjang perjuangan bangsa. "Kota Bandung menyimpan sejarah panjang perjuangan bangsa. Sebagai contoh, Bung Karno merintis kemerdekaan negara kita di kota ini. Pun dengan peristiwa heroik Bandung Lautan Api yang menyiratkan betapa pengorbanan para pendahulu kita dulu patut kita teladani. Tema ini dipilih juga karena banyak sekali peristiwa bersejarah yang terjadi di bulan ini," ujar Neil.
Lebih lanjut, Neil menjelaskan, cita-cita mewujudkan Indonesia Hebat memang bukanlah suatu hal yang mudah. "Kalau semuanya mudah, kita tak akan pernah mengerti makna berjuang. Tantangan di masa sekarang dan di masa depan semakin beragam dan berat. Semua orang ingin serba cepat, mudah, dan murah. Oleh karena itu, peningkatan SDM dan inovasi menjadi hal yang penting," jelasnya.
Neil menuturkan, seiring dengan arah kebijakan DJP dalam hal pelayanan terhadap wajib pajak untuk mewujudkan kepatuhan sukarela dari para Pembayar Pajak (Tax Payers) maka DJP harus menjamin kualitas pelayanan yang diberikan kepada para wajib pajak. Continuous improvement menjadi hal yang tidak dapat dihindari sebagai bagian dari perwujudan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan yaitu Pelayanan dan Kesempurnaan.
Indeks Kepuasan Pelayanan dalam tiga tahun terakhir selalu meningkat. Survei yang dilakukan lembaga independen menunjukkan bahwa Indeks Kepuasan Pelayanan nilainya selalu di atas 80% dan grafiknya naik. Sejalan dengan hal ini, pengaduan wajib pajak juga menurun dari tahun ke tahun. “Saya ucapkan selamat dan terima kasih. Saya harap, trend ini dapat dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan lagi,” pungkas Neil.
Adapun Kantor Pelayanan Terbaik 2019 berturut-turut adalah KPP Pratama Purwakarta sebagai peringkat pertama, disusul KPP Madya Bandung di peringkat kedua, dan KPP Pratama Bandung Cibeunying di peringkat ketiga.
Dalam rangkaian penganugerahan tersebut, Kanwil DJP Jawa Barat I juga memberikan beberapa penghargaan lain untuk kategori tertentu. Untuk kategori KPP dengan Kategori Tim Penyuluhan Terbaik 2019 diraih berturut-turut KPP Pratama Bandung Tegallega, KPP Pratama Bandung Karees, dan KPP Pratama Soreang.
Sedangkan untuk kategori KPP dengan Kontribusi Konten Terbanyak diraih masing-masing oleh KPP Pratama Cianjur, KPP Pratama Bandung Cicadas, dan KPP Madya Bandung. Kategori KPP dengan pengelolaan Media Sosial Terbaik Tahun 2019 yaitu KPP Pratama Tasikmalaya, KPP Pratama Sukabumi, dan KPP Pratama Bandung Cibeunying.
Untuk mengapresiasi Pos Pelayanan Pajak, Kanwil DJP Jabar I memberikan penghargaan Pos Pelayanan Terbaik Tahun 2018 kepada Pos Pelayanan Pangandaran (KPP Pratama Ciamis), Pos Pelayanan Cibadak (KPP Pratama Sukabumi), dan Pos Pelayanan Bantar Kalong (KPP Pratama Tasikmalaya).
Selain itu, Kanwil DJP Jawa Barat I memberikan penghargaan khusus kepada pelaksana KPP Pratama Sukabumi M. Adnan sebagai Tokoh Inspirasi Pelayanan Tahun 2019. Adnan menjadi pegawai yang menempati Pos Pelayanan Surade, Sukabumi. Pos ini merupakan Pos Pelayanan terjauh di wilayah Kanwil DJP Jawa Barat I dengan jarak sekitar lima jam dari Kota Sukabumi.
Selain apresiasi kinerja internal, Kanwil DJP Jabar I juga mengapresiasi stakeholder yang telah menjadi mitra kerja dalam mendukung layanan perpajakan dan penagamanan penerimaan pajak, seperti Dinas Koperasi dan UMKM kota Bandung dan Jawa Barat, Bapenda Jabar, DPMPTSP Jawa Barat, serta 4 Tax Center yang berasal dari Universitas Katolik Parahyangan, Telkom University, Politeknik LPKIA, dan Politeknik Negeri Bandung. (HP)
- 152 kali dilihat