
Dalam rangka mempermudah wajib pajak dalam memenuhi kewajiban pembayaran pajak, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Bali mengikuti sosialisasi implementasi Agen Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) Bank Rakyat Indonesia (BRI) BRILink. Sosialisasi Agen Laku Pandai diselenggarakan secara daring melalui media Zoom Meeting di Bali (Senin, 23/11). Sosialisasi tersebut merupakan persiapan implementasi kanal pembayaran pajak melalui Agen Laku Pandai BRILink di Kanwil DJP Bali, sebagai salah satu Kanwil piloting.
Kegiatan sosialisasi yang dimulai pukul 10.00 – 12.00 WITA diikuti oleh 244 peserta yang berasal dari perwakilan Bank BRI, perwakilan Direktorat Jenderal Pajak (DJP), perwakilan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) dan Agen Laku Pandai BRILink. Sosialisasi diawali dengan sambutan dari Head of Corporate Banking Group BRI M. Choliq.
"Penambahan kanal pembayaran pajak melalui Agen Laku Pandai ini akan mempermudah akses masyarakat untuk membayar pajak. Oleh karena itu, program ini kami harap mampu mendukung optimalisasi penerimaan negara dari sektor pajak," ungkap Choliq dalam sambutannya. Choliq lebih lanjut menjelaskan bahwa Bank BRI mendukung penuh program kanal pembayaran pajak Agen Laku Pandai BRILink sebagai bentuk tanggung jawab bersama dalam menghimpun penerimaan negara.
Dalam sosialisasi ini, Direktorat Jenderal Perbendaharaan menyampaikan bahwa Agen Laku Pandai merupakan implementasi dari Modul Penerimaan Negara (MPN) G3 yang lazim digunakan saat ini. Kemudian Direktorat Jenderal Pajak menerangkan bahwa Agen Laku Pandai mampu melayani berbagai macam pembayaran pajak, seperti PPh Final UMKM, PPh Pasal 21, PPh Pasal 23, PPh Pasal 25, dan PPh Dalam Negeri Lainnya.
Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan sesi tanya jawab dari para Agen Laku Pandai. Berbagai hal yang ditanyakan pada sesi tersebut, seperti cara menghitung pajak yang akan disetor, cara pembuatan kode billing, hingga penggunaan aplikasi Agen Laku Pandai BRILink. Direktorat Jenderal Pajak dan Bank BRI kemudian memberikan jawaban dan penjelasan yang lengkap atas hal-hal yang ditanyakan oleh Agen Laku Pandai.
- 56 kali dilihat