Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur (Jatim) I berhasil meraih penghargaan sebagai Kantor Wilayah Terbaik di tingkat Kementerian Keuangan Tahun 2020.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyerahkan penghargaan tersebut kepada Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Timur I Eka Sila Kusna Jaya pada acara Family Gathering Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai puncak acara Peringatan Hari Oeang RI (HORI) ke-74 secara virtual melalui konferensi video di Jakarta (Sabtu, 31/10).

Prestasi ini diperoleh atas inovasi-inovasi yang telah dibuat oleh Kantor Wilayah DJP Jawa Timur I beserta unit vertikal di bawahnya untuk memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang terjadi di lapangan dan untuk memberikan pelayanan yang semakin baik kepada pihak eksternal maupun pihak internal. Inovasi-inovasi tersebut, antara lain:

1. Aplikasi-Aplikasi Inovasi

  1. Aplikasi e-Pantau

Aplikasi ini diciptakan untuk memudahkan pemantauan kinerja AR di setiap KPP, khususnya kinerja terkait penerbitan surat himbauan dan surat tagihan.

  1. Aplikasi Official DP3

Aplikasi ini mengubah administrasi pengawasan dan pelaporan data yang semula  manual menjadi terdokumentasi dengan baik dalam sistem, sehingga memudahkan pengawasan dan pengunduhan data yang dapat dilakukan sewaktu-waktu

  1. Aplikasi Oobara

Oobara merupakan singkatan dari Order Online Barang Negara. Aplikasi ini dibuat sebagai upaya untuk memberikan kemudahan kepada para pegawai yang ingin melakukan permintaan barang (seperti ATK), peminjaman kendaraan,peminjaman ruangan rapat/Aula dan peminjaman ruang Zoom Meeting.

  1. Aplikasi e-Berkas

Merupakan singkatan dari Berantakan jadi Ringkas. Aplikasi ini dibuat agar penyimpanan dokumen menjadi lebih rapi dan tersistem sehingga mudah ditemukan kembali apabila dokumen tersebut dibutuhkan sewaktu-waktu.

  1. Aplikasi Apamas

Dengan adanya aplikasi Apamas, jadwal kegiatan kepala unit kerja serta pejabat lain telah terekam di sistem sehingga tidak akan lagi terjadi penjadwalan ganda terkait agenda yang akan diselenggarakan oleh Kantor Wilayah DJP Jawa Timur I. Apikasi ini juga memuat kumpulan Soal Sering Ditanya atau Frequently Asked Question (FAQ) oleh wajib pajak.

Kantor Wilayah DJP Jawa Timur I juga memperkenalkan aplikasi-aplikasi tersebut kepada unit-unit vertikal di bawahnya sehingga unit vertikal dapat menduplikasi serta mengembangkan aplikasi tersebut unutk merasakan manfaatnya pula.

2. Standardisasi Layanan Chat KPP se-Surabaya

Kantor Wilayah DJP Jawa Timur I memberikan layanan chat center atau pusat pesan singkat untuk meminimalisir pertemuan tatap muka antara petugas pajak dengan wajib pajak, juga untuk menekan penyebaran virus Covid-19. Kantor Wilayah DJP Jawa Timur I  mengerahkan sekitar 260 pegawai untuk layanan chat center tersebut di Surabaya.

Sampai dengan bulan Oktober 2020, terdapat 418 ribu pesan yang telah terlayani, baik melalui media sosial WhatsApp maupun telegram.

3. Tax Master Class

Tax Masterclass menjadi program rutin Kanwil DJP Jatim I untuk  berbagi pengetahuan antarpegawai mengenai perpajakan maupun nonperpajakan dengan tagline “kita pedulikita berbagi”. Kelas ini diadakan setelah jam kantor selesai.

Narasumber kelas pembelajaran ini berasal dari para pegawai yang memiliki pengetahuan serta pengalaman di bidangnya.

4. Pembuatan Video New Normal

Video ini dibuat untuk memberikan informasi penerapan protokol Kesehatan kepada pengampu kepentingan mengenai langkah-langkah yang telah dijalankan oleh Kantor Wilayah DJP Jawa Timur I. Video dapat dilihat pada link berikut https://www.youtube.com/watch?v=nYuJQAzvCKE&feature=youtu.be.

Video ini merupakan salah satu hal yang dinilai dalam lomba Kantor Wilayah Terbaik.

Selain itu, tiga inovasi lainnya yang mengantarkan Kantor Wilayah DJP Jawa Timur I meraih penghargaan ini meliputi, Pembentukan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Lingkungan Gedung Kanwil DJP Jawa Timur I, Pembentukan Tim Video Conference Kanwil DJP Jawa Timur I, dan Aplikasi Self Assessment Kesehatan untuk Pegawai Non-Organik.