Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melalui inovasi e-Faktur, Administrasi PPN Mudah dan Aman menjuarai Kompetensi Inovasi Kementerian Keuangan Tahun 2019.

Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto, mewakili Menteri Keuangan RI, menganugerahkan penghargaan berupa piagam dan trofi kepada perwakilan DJP, Sekretaris Direktorat Jenderal Pajak Peni Hirjanto di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta (Selasa, 14/1).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dengan Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor 793/KM.1/2019 tentang Inovasi Pelayanan Terbaik Unit Kerja di Lingkungan kementerian Keuangan Tahun 2019 telah menetapkan lima besar inovasi pelayanan terbaik se-Kementerian Keuangan. 

Selain inovasi e-Faktur yang menduduki peringkat pertama terbaik, inovasi DJP lainnya yaitu Apel Malang menjadi peringkat terbaik kelima. 

E-Faktur merupakan aplikasi yang dikembangkan secara mandiri oleh DJP untuk menekan kerugian negara dari penyalahgunaan faktur pajak, melalui transaksi nirkertas ( paperless ), sehingga beban administrasi wajib pajak berkurang. 

Selain itu, basis data e-Faktur berguna sebagai salah satu basis data perpajakan andal yang dimiliki DJP untuk mendukung Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) tahun 2020. 

Sedangkan Apel Malang merupakan sebuah aplikasi yang dapat diunduh oleh publik melalui telepon genggam masing-masing pada Google Play Store untuk mempermudah pelayanan kepada wajib pajak antara lain:
1.    mengambil antrean secara daring ( online );
2.    melacak status permohonan wajib pajak;
3.    memperoleh informasi mengenai petunjuk layanan dan syarat pengajuan permohonan secara waktu seketika ( real time );
4.    melakukan konsultasi daring dengan petugas tentang masalah perpajakan;
5.    menghitung pajak terutang dengan menu kalkulator pajak;
6.    mengisi formulir secara mandiri;
7.    menu pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan dan pembuatan kode biling untuk pembayaran pajak. 

Secara lebih terperinci, inovasi e-Faktur: Administrasi PPN Mudah dan Aman dikembangkan oleh Direktorat Peraturan Perpajakan I dan Direktorat Teknologi Informasi dan Komunikasi DJP.  Sedangkan inovasi Apel Malang “Aplikasi Pelayanan Malang Utara” dikembangkan oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara. 

Kompetisi Inovasi Kementerian Keuangan Tahun 2019 merupakan kali kedua diselenggarakan oleh Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan, Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan. 

Kompetisi ini dilatarbelakangi oleh perlunya budaya inovasi pada setiap unit Eselon I Kementerian Keuangan dan urgensi untuk menumbuhkan komitmen untuk selalu berinovasi dalam pelaksanaan tugas. 

Kompetisi ini juga diselenggarakan sebagai persiapan menghadapi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). [Jry] [Rz]