Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Semarang Candisari menggelar Business Development Services (BDS) dengan tema “Saatnya UMKM Berkompetisi Di Era Digital Melalui Branding dan Marketing” bagi pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan pengetahuan branding & marketingnya secara tatap muka pukul 08.30 hingga 11.30 WIB di Hotel Oak Tree Emerald Semarang (Kamis, 22/06).

Kegiatan BDS dibuka pembawa acara, Apriliani Indri dan Anggit Pratiwi pukul 08.45 WIB. Mempersilakan Kepala KPP Pratama Semarang Candisari memberikan sambutan, Petrus Martono. Disambut baik dan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jawa Tengah I, Max Darmawan. Disamping itu juga dihadiri Camat Gajahmungkur, Ade Bhakti Ariawan. “Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia hampir 60%nya ditopang dari UMKM, oleh karena itu penting meningkatkan perekonomian melalui pembinaan dan peningkatan usaha pelaku UMKM itu sendiri,” ujar Petrus Martono. Mengambil tema “Saatnya UMKM Berkompetisi Di Era Digital Melalui Branding & Marketing” menjadikan kegiatan BDS ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pada sesi materi, BDS menghadirkan narasumber yang merupakan Lead Acquisition & Incubation Seller Blibli Central Java & DIY, Adi Setiyo Nugrono bersama Budi Utomo sebagai moderator.

Adi Setiyo menyampaikan bahwa semenjak covid-19, masyarakat terpaksa untuk mengikuti perkembangan teknologi termasuk budaya belanja yang sebelumnya konvensional, sekarang juga bisa secara online shopping. Memanfaatkan teknologi yang ada maka dapat memperluas usaha kita sehingga pendapatan juga semakin meningkat. “Tujuan dan manfaat dari branding bisnis yaitu meningkatkan citra atau keunggulan toko dan produk dibandingkan kompetitor, membangun kepercayaan dan loyalitas pembeli, dan membantu komunikasi holistik ke target pasar,” ujar Adi. Lalu bagaimana cara membuat branding yang baik, Adi menjabarkan ada 4 cara yaitu membuat slogan atau tagline efektif sehingga mudah diingat, membuat desain atau logo yang menarik, memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, & Tiktok untuk mengenalkan branding kita dan yang terakhir berkolaborasi dengan influencer sebagai salah satu media promosi terhadap produk dan jasa yang kita tawarkan. Adi juga menyampaikan tips branding di era digital yaitu menjadi top rated seller, mempercantik halaman toko, membuat promosi dan/ diskon menarik, optimalkan interaksi dengan pelanggan dan memberikan pelayanan seller yang terbaik.

Setelah materi yang dibawakan pembicara selesai, dilanjutkan sesi bertanya dengan memberikan kesempatan kepada 10 penanya tercepat. Peserta BDS sangat antusias ditunjukkan dengan aktifnya yang bertanya hingga kuota pertanyaan tersebut dirasa tidak cukup. Dilanjutkan foto bersama antara peserta BDS, pembicara dan panitia BDS sebagai dokmentasi kegiatan ini. Diakhiri pemberian hadiah, games dan doorprize kepada peserta BDS dan kegiatan BDS ini terlaksana dengan baik.

Pewarta: R Budi Utomo
Kontributor Foto: R Budi Utomo
Editor: Dyah Sri Rejeki

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.