
Program Bupati Melayani Warga (Bulaga) yang diprakarsai oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang telah memasuki babak ketiga penyelenggaraan. Kali ini Bulaga sukses digelar di halaman Balai Desa Sukorejo, Kecamatan Perak (Rabu, 19/2).
Ketiga kalinya pula Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jombang turut terlibat dalam Bulaga yang menjadi program unggulan Pemkab Jombang tersebut. Keterlibatan pertama pada Bulaga 3 Oktober 2019 dan kedua pada Bulaga 22 November 2019 dikatakan oleh Kepala KPP Pratama Jombang Ekawati Surjaningsih sebagai bentuk jalinan sinergi yang kuat antara Pemkab Jombang bersama otoritas pajak dalam memberikan pelayanan secara jemput bola kepada publik, khususnya bagi masyarakat yang berada di pelosok daerah Jombang.
“Keterlibatan KPP Pratama Jombang pada program Bulaga ketiga ini menjadi momentum yang sangat tepat mengingat para wajib pajak sedang berada dalam musim pelaporan SPT Tahunan 2019. Sehingga, fokus otoritas kami pada program Bulaga ketiga ini adalah melayani wajib pajak di wilayah Kecamatan Perak dan Bandar Kedungmulyo yang cukup jauh dari pusat kota Jombang untuk bisa melaporkan SPT Tahunan 2019 secara daring melalui e-Filing serta e-Form yang dapat diakses di situs web www.pajak.go.id,” kata Eka.
“Meskipun lebih berfokus pada aktivitas pelayanan pelaporan SPT Tahunan 2019, pojok pajak KPP Pratama Jombang yang dibuka mulai dari pukul 08.00 sampai dengan 14.00 WIB di lokasi Bulaga tersebut tetap menyediakan layanan administrasi perpajakan lainnya, seperti pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), pembuatan kode billing untuk pembayaran pajak, serta konsultasi masalah perpajakan,” tambah Eka.
Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang menyempatkan waktu untuk hadir secara langsung meninjau penyelenggaraan acara Bulaga tersebut menyampaikan pujian serta apresiasinya terhadap program Bulaga Pemkab Jombang. Menurut Khofifah program Bulaga Pemkab Jombang menjadi salah satu wujud tata kelola pemerintahan yang inovatif dan kolaboratif karena mampu tampil di hadapan publik dengan model pelayanan efektif serta efisien.
- 33 kali dilihat