Oleh: (Ahmad Dahlan), pegawai Direktorat Jenderal Pajak

 

"Saya telah membayar pajak, dan saya melakukannya dengan senang hati. Membayar pajak adalah salah satu cara kita berbagi dengan yang kurang beruntung dan berinvestasi dalam masyarakat yang lebih baik," kata Bill Gates.

Tak seperti biasanya suasana car free day (CFD) kali itu. CFD yang berlangsung setiap Minggu pagi di jalan Sudirman Pekanbaru hari itu lebih meriah dari biasanya. Ada acara Spectaxcular di sana.

Spectaxcular merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dalam rangka memperingati Hari Pajak yang jatuh setiap tanggal 14 Juli. Kanwil DJP Riau, sebagai salah satu unit vertikal di jajaran DJP, baru menyelenggarakan acara tersebut Minggu, 21 Juli 2024.

Kegiatan yang berpusat di halaman gedung kantor wilayah (kanwil) yang dipimpin oleh Ardiyanto Basuki itu, meliputi jalan santai, senam zumba, gim, panggung hiburan, bazar, stand up comedy, doorprize, dan lain-lain. Kegiatan yang dimulai pada pukul 06.30 WIB itu di samping diikuti pegawai DJP di lingkungan Kanwil Riau, juga diikuti oleh perwakilan pegawai Kementerian Keuangan dan masyarakat umum.

Hadir sebagai tamu undangan dalam acara tersebut adalah perwakilan dari Pemprov Riau yang diwakili oleh Kepala Bapenda Provinsi Riau, Pemko Pekanbaru (diwakili oleh Kepala Bapenda Kota Pekanbaru), OJK Provinsi Riau, Lembaga Jasa Keuangan (Perbankan), Tax Center, Lembaga Profesi Konsultan Pajak, dan Perwakilan Instansi Vertikal Kemenkeu.

Tujuan utama dari penyelenggaraan Spectaxcular adalah untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya pajak dalam pembangunan negara. Melalui acara ini, DJP Riau berharap masyarakat dapat lebih mengenal peran pajak dan merasa lebih dekat dengan instansi perpajakan.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun hubungan yang lebih harmonis antara DJP, pemerintah daerah, dan masyarakat, serta menunjukkan bahwa kegiatan perpajakan bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan dan edukatif.

Dalam acara itu juga, di sepanjang trotoar depan gedung Kanwil DJP Riau dipenuhi dengan papan bunga ucapan selamat Hari Pajak. Pengirimnya dari berbagai instansi dan beberapa perusahaan. Di antara papan-papan ucapan itu, ada satu papan yang unik, yakni berupa informasi mengenai penggunaan uang pajak.

"Sejuta Uang Pajak Bisa Buat Apa Saja?" begitu judul papan itu. Di samping tulisan besar itu, ada gambar-gambar lengkap dengan angka-angka yang merupakan pengalokasian uang pajak yang dibayar oleh masyarakat. Pengalokasian tersebut meliputi: transfer ke daerah 266.000, pelayanan umum 217.000, ekonomi 207.000, pertahanan 48.000, ketertiban dan keamanan 60.000, perlindungan sosial 79.000, kesehatan 32.000, pendidikan 76.000, perumahan dan fasilitas umum 10.000, keagamaan 4.000, dan pariwisata 1.000.

Angka-angka itu bisa jadi akan berubah setiap tahun sesuai kebutuhan. Di samping itu, angka-angka yang tercantum dalam papan tersebut merupakan pembulatan. Untuk tahu lebih detail mengenai pengalokasian sejuta uang pajak bisa kunjungi situs Kemenkeu berikut: https://www.kemenkeu.go.id/alokasipajakmu.

Jadi dari papan itu, masyarakat dapat mengetahui bahwa uang pajak yang selama ini mereka bayarkan banyak sekali manfaatnya untuk kemaslahatan. Karenanya mereka akan merasa bangga jika selama ini telah membayar pajak. Sebagaimana bangganya seorang Bill Gates.

Maka, acara Spectaxcular 2024 ini tak sekadar kegiatan seremonial. Namun kita semua berharap, semangat untuk merayakan Hari Pajak dapat terus berlanjut setiap tahunnya, membawa manfaat yang lebih besar bagi pemerintah dan masyarakat. Kesadaran akan pentingnya pajak sebagai pilar pembangunan negara akan semakin mengakar, seiring dengan terciptanya hubungan yang lebih baik antara DJP, pemerintah daerah, dan masyarakat.

 

 

*)Artikel ini merupakan pendapat pribadi penulis dan bukan cerminan sikap instansi tempat penulis bekerja.

Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.