OOBARA, Pajak Jatim I Menuju WBBM

Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur I (Kanwil DJP Jatim I) saat ini sedang mengikuti tahap penilaian dalam rangka meraih predikat Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI WBBM) yang diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).
Kanwil DJP Jatim I membuat beberapa inovasi salah satunya ialah dengan membuat aplikasi OOBARA (Order Online Barang Milik Negara).
Aplikasi ini juga turut mengantarkan Kanwil DJP Jatim I meraih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI WBK) pada 2020 silam. OOBARA merupakan sebuah aplikasi terobosan di era digital yang menunjang bagi para pegawai dalam hal melaksanakan pekerjaan rutin.
Dengan OOBARA, pegawai dapat dengan mudah order atau meminjam barang milik negara seperti kendaraan dinas operasional, permintaan alat tulis kantor, ruangan, barang lain, dan dapat memantaunya. Bahkan, saat ini OOBARA memiliki fitur baru berupa penambahan menu admin agar lebih mudah mengatur konten, dan penambahan menu pemantauan peminjaman rumah dinas. Perubahan tampilan menu menjadi menu peminjaman untuk kendaraan dinas operasional, ruangan dan akun zoom, rumah dinas, dan menu permintaan barang persediaan.
Mengutip kesan yang disampaikan oleh seorang Pemeriksa Pajak Madya bernama Djatmiko Hendro Noegroho, kelebihan lain dari aplikasi OOBARA adalah mempermudah pengajuan peminjaman mobil dinas dan dalam mengajukan permintaan ATK.
Aplikasi OOBARA ini juga tidak hanya memberikan manfaat bagi Kanwil DJP Jatim I, terbukti tiga Kantor Wilayah dan enam belas Kantor Pelayanan Pajak telah mereplikasi aOOBARA ini.
Selain OOBARA, beberapa inovasi lain juga dilakukan oleh Kanwil DJP Jatim I guna meraih predikat ZI WBBM. Inovasi lain tersebut diantaranya aplikasi e-Pantau (Aplikasi Pemantauan Penerimaan), SiPS (Aplikasi Penegasan Surat), Sereni Tax (Sistem Penguasaan Area dan Penilaian Pajak), Conan (Contact Layanan Kepegawaian), AKBP (Administrasi Keberatan, Banding dan Pengurangan), dan Monsak (Monitoring SAK).
Kepala Kanwil DJP Jatim I, P.M. John L. Hutagaol berharap berbagai inovasi ini dapat meningkatkan kepercayaan para pemangku kepentingan kepada kinerja Kanwil DJP Jatim I sekaligus memberikan motivasi kepada seluruh pegawai untuk senantiasa melakukan perbaikan terus-menerus dalam memberikan pelayanan kepada para pemangku kepentingan.
- 114 kali dilihat