Reformasi perpajakan selalu mengandaikan sebuah proses yang berkesinambungan. Setiap perbaikan atau penyempurnaan atas sesuatu hal akan selalu memunculkan tantangan baru, tak ubahnya sebuah kompetisi tiada henti. Reformasi perpajakan atas regulasi, proses bisnis, dan layanan kepada publik harus mampu mengimbangi setiap perubahan dalam perekonomian dan lingkungan bisnis. 

Tantangan terbesar saat ini adalah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu cepat dan masif yang banyak mengubah ekosistem ekonomi dan bisnis, tidak hanya di level nasional, tapi juga global. Transaksi ekonomi dan bisnis konvensional yang sudah bertahan ratusan tahun, berubah drastis hanya dalam bilangan puluhan tahun karena hadirnya teknologi informasi dan komunikasi. Tidak ada lagi batas waktu atau batas negara.

Perkembangan tersebut juga harus diimbangi transformasi kelembagaan yang mampu menjadikan Direktorat Jenderal Pajak dan Kementerian Keuangan sebagai institusi yang bersih, profesional, kompeten, dan bermartabat. Seperti dikatakan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, “Sistem perpajakan harus memberikan kepastian, kesederhanaan, di mana administrasi perpajakan tidak boleh rumit, harus simpel.”

Unduh buku Reformasi Administrasi Perpajakan dari Masa ke Masa melalui tautan di bawah. Selamat membaca.