Dua pegawai seksi pelayanan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Gianyar, Hardy, dan Elsy melakukan kunjungan ke tempat kedudukan usaha wajib pajak yang bergerak di akomodasi pariwisata, di Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, Bali (Selasa, 19/3). Wajib pajak di yang dikunjungi merupakan salah satu resort mewah di wilayah tersebut.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka verifikasi lapangan sehubungan dengan permohonan Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang diajukan oleh wajib pajak. Verifikasi lapangan dilakukan dengan meneliti kebenaran kegiatan usaha wajib pajak secara langsung di tempat usaha dan melakukan wawancara kepada wajib pajak. Hardy dan Elsy juga memeriksa kesesuaian data Klasifikasi Lapangan Usaha (KLU) dan alamat wajib pajak yang terdapat pada basis data pajak dengan keadaan wajib pajak yang sebenarnya.

“Tujuan kedatangan kami ke tempat usaha wajib pajak juga untuk memastikan keberadaan dan kesesuaian usaha wajib pajak" ungkap Hardy. Dirinya juga menjelaskan beberapa kewajiban pajak setelah dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP), seperti kewajiban untuk menerbitkan faktur  dan juga wajib menyetorkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) kurang bayar atas selisih antara pajak keluaran dan pajak masukan. Selain itu, Hardy juga menambahkan penjelasan terkait kewajiban pelaporan surat pemberitahuan (SPT) masa PPN. “Yang paling penting tentu WP jangan sampai lupa untuk melaporkan SPT masa PPN setiap bulannya, paling lambat di akhir bulan berikutnya. Jangan sampai terlambat atau tidak lapor, karena ada sanksi sebesar Rp500.000,00 per masanya,” pesan Hardy kepada wajib pajak.

Pesan tersebut menjadi penting mengingat secara umum, transaksi pada usaha hotel dan restoran seperti resort ini sejatinya bukan merupakan transaksi yang dikenakan PPN. Maka dari itu kewajiban pelaporan SPT masa PPN wajib ditekankan kepada wajib pajak yang bergerak di bidang ini.

Yang menarik menurut Hardy, karena kunjungan dilakukan ke tempat usaha wajib pajak yang merupakan resort mewah, hal tersebut sekaligus dapat menjadi pembelajaran bagaimana cara melayani pengunjung dengan baik dan benar. "Saya senang bisa melakukan kunjungan ke resort ini karena bisa sekaligus melihat dan belajar bagaimana kami sebagai tamu dilayani sesuai standar hospitality yang sangat tinggi" tutup Hardy.

 

Pewarta: Putu Panji Bang Kusuma Jayamahe
Kontributor Foto: Putu Panji Bang Kusuma Jayamahe
Editor:

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.