
Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Sinjai melaksanakan kegiatan penyuluhan secara langsung one on one kepada dua wajib pajak yang menjalankan usaha restoran dan warung makan yang berlokasi di Kelurahan Balangnipa dan Kelurahan Bongki, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai (Jumat, 17/9). Anggota tim penyuluhan pajak KP2KP Sinjai yang diterjunkan dalam kegiatan ini berjumlah dua orang yaitu Hendri Wahyu dan Anjar Rusdiyanto.
Maksud dari kegiatan penyuluhan kali ini adalah meningkatkan kepatuhan, kesadaran, dan pengetahuan wajib pajak dalam memenuhi semua kewajiban perpajakannya. Kegiatan ini dilaksanakan dengan memberikan edukasi perpajakan menggunakan strategi door to door atau menemui langsung wajib pajak di tempat usahanya.
Setelah itu, petugas memberikan sosialisasi mengenai inovasi yang dikembangkan oleh KP2KP Sinjai yakni WA Billing Center. Inovasi tersebut dapat membantu wajib pajak yang ingin membuat kode billing dan memperoleh layanan konsultasi perpajakan dengan lebih mudah lewat aplikasi WhatsApp Messenger.
Anjar Rusdiyanto mewakili pihak KP2KP Sinjai pun berharap dua wajib pajak yang ditemui tersebut dapat lebih patuh menjalankan kewajiban perpajakan seperti melaporkan SPT Tahunan Orang Pribadi Non Karyawan dan menyetorkan PPh Final untuk UMKM sesuai ketentuan yang berlaku. Selain itu, Anjar juga berharap bahwa WA Billing Center yang disosialisasikan pada kegiatan penyuluhan ini dapat bermanfaat bagi wajib pajak.
“KP2KP Sinjai berpesan kepada dua orang wajib pajak yang mendapat penyuluhan secara langsung one on one agar lebih rutin memenuhi kewajiban perpajakan. Selain itu, semoga aplikasi WA Billing Center yang kami sosialisasikan tadi dapat memudahkan mereka dalam memperoleh layanan perpajakan seperti permintaan nomor billing dan konsultasi. Hal ini mengingat restoran dan warung makan yang dikelola mereka sangat ramai dikunjungi pembeli, sayang sekali kalau tidak rajin menyetor kontribusi berupa pajak kepada negara,” tutur Anjar.
Somad selaku pemilik Restoran Ayam Penyet Pak Somad yang ditemui petugas KP2KP Sinjai pun menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan pihak KP2KP Sinjai. “Saya amat berterima kasih kepada mas-mas dari KP2KP Sinjai yang sudah menemui saya hari ini dalam rangka penyuluhan tentang kewajiban membayar dan melapor pajak sekaligus menyosialisasikan WA Billing Center,''' tuturnya.
''Teknologi memang membuat hidup menjadi mudah dan murah, sekarang saya tidak perlu antre di kantor pajak karena dengan handphone saja saya sudah bisa meminta billing bahkan konsultasi dengan para pegawai yang ada di kantor. Saya juga berjanji akan mengajak sesama pengusaha restoran asal Jawa yang ada di Sinjai supaya lebih disiplin membayar pajak juga melapor pajak,” lanjut Somad.
Komar salah satu wajib pajak yang saat ini mengelola Warung Bakso Jawi menambahkan bahwa kegiatan penyuluhan one on one ini cukup membantu wajib pajak di masa pandemi. “Di era Covid-19 ini saya memang berusaha agar tidak terlalu banyak meninggalkan warung atau rumah, makanya ketika ada petugas dari kantor pajak yang datang untuk memberikan sosialisasi saya langsung senang. Jujur saja, WA Billing Center ini membantu pengusaha UMKM seperti saya dalam memenuhi kewajiban kepada pemerintah. WA Billing Center membuat saya lebih gampang berkomunikasi dengan petugas, pun tanggapan yang diberikan petugas tersebut juga ramah dan responsif. Nilai 10 untuk KP2KP Sinjai yang punya inisiatif penyuluhan langsung kepada kami pengusaha UMKM guna mengingatkan kewajiban pelaporan dan pembayaran pajak,” tutur Komar menjelaskan.
- 21 kali dilihat