Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Penanaman Modal Asing (PMA) Satu menghadirkan sejumlah produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam sosialisasi penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan di Kalibata, Jakarta (Rabu, 8/3).

Produk makanan dari pelaku UMKM pilihan seperti Makaroni Nampol milik Haryono dari MTH Foods berpartisipasi dalam sosialisasi perpajakan KPP PMA Satu yang diadakan setiap Rabu siang itu.

Haryono mengaku merasakan manfaat lebih dari sekadar mengenalkan produk usahanya saja. Lebih jauh, ia mendapatkan wawasan perpajakan. “Acaranya menarik, informatif, dan mudah dipahami. Kegiatan publikasi hari ini sungguh sangat bermanfaat,” ujar Haryono secara terpisah.

Sosialisasi perpajakan kolaboratif yang disiarkan lewat akun Instagram @pajakpma1 itu lantas meningkatkan cakupan peserta sosialisasi. Sebelumnya, kegiatan tersebut menarik perhatian wajib pajak secara umum, kini gelaran daring tersebut menjangkau pelaku UMKM dari berbagai komunitas.

Yudie Gumelar, pemilik usaha minuman tradisional, Wedang Batavia 86, mengiyakan hal positif dari kegiatan bertajuk RebOne milik KPP PMA Satu tersebut. Dagangan Yudie tidak hanya mendapat tempat promosi cuma-cuma, ia juga menerima pencerahan soal pengetahuan pajak. “Sangat kaya informasi dan memberi solusi seputar perpajakan,” kata pengusaha yang tergabung dalam komunitas Jakpreneur itu. “(Acara ini) memberi ruang kolaborasi dan akses promosi bagi pelaku UKM,” tambah Yudie.

Kantor Pajak PMA Satu membina sejumlah UMKM dalam bentuk pendampingan perpajakan, penyelenggaraan bazar UMKM, dan penyediaan sarana pengenalan produk di berbagai media. Pemberdayaan UMKM ini dilakukan untuk mendorong geliat ekonomi pascapandemi sekaligus mengampanyekan gerakan belanja produk lokal.

Pewarta:Tendi Aristo
Kontributor Foto: Tendi Aristo
Editor: