Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Purwokerto turut menyemarakkan Hari Pelanggan Nasional dengan melakukan kampanye simpatik dengan memberikan bunga dan suvenir kepada wajib pajak yang berkunjung dan mendapatkan layanan di Ruang Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) KPP Pratama Purwokerto, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas (Senin, 4/9).
Kepala KPP Pratama Purwokerto Raden Agus Setiawan dan Kepala Seksi Pelayanan Sellia Lussiana Fredyanti terlibat secara langsung menyapa dan memberikan bunga dan suvenir kepada wajib pajak. Selain itu, Raden juga melakukan tanya jawab singkat seputar layanan yang diterima oleh wajib pajak dan meminta masukan serta saran perbaikan terkait layanan dan sarana prasarana yang ada di KPP Pratama Purwokerto. “Kami selalu terbuka terhadap setiap keluhan, kritik, serta saran untuk perbaikan kami. Apabila ada keluhan, silakan sampaikan melalui saluran pengaduan yang tersedia,” ujar Raden.
Raden menyampaikan, sejalan dengan tema Hari Pelanggan Nasional tahun 2023 “Melayani Pelanggan di Era AI”, saat ini sebagian layanan yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) pun telah bertransformasi menjadi layanan yang terdigitalisasi yang menjanjikan kemudahan akses bagi wajib pajak karena dapat dilakukan secara daring tanpa harus berkunjung ke kantor pajak. “Misalnya, wajib pajak dapat melakukan pendaftaran NPWP, menyampaikan pelaporan SPT secara elektronik, mengajukan permohonan e-PBK, dan sebagainya melalui laman pajak.go.id,” jelas Raden.
Sejalan dengan yang diungkapkan Raden tersebut, Sellia menambahkan, meskipun saat ini wajib pajak sudah semakin dimudahkan dengan layanan elektronik yang dapat dilakukan kapan saja di mana saja, namun bukan berarti meniadakan layanan tatap muka. Layanan tatap muka tetap menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan kantor pajak dalam memberikan layanan yang paripurna kepada wajib pajak.
Lebih lanjut Sellia mencontohkan, “Misalnya pendaftaran NPWP, apabila masih merasa kesulitan, calon wajib pajak dapat meminta layanan asistensi pendaftaran NPWP, baik datang langsung ke KPP atau melalui layanan Whatsapp Helpdesk KRACA (Konsultasi Karo Kanca). Bahkan, kami juga membuka gerai di Mal Pelayanan Publik Purwokerto yang khusus melayani asistensi pendaftaran NPWP, semata agar dapat lebih menjangkau wajib pajak karena mungkin wajib pajak sedang menerima layanan dari instansi lain,” terang Sellia.
Raden berharap, momen Hari Pelanggan Nasional kali ini dapat menjadi kesempatan bagi KPP Pratama Purwokerto untuk lebih dekat dengan wajib pajak selaku pemangku kepentingan utama dan wajib pajak dapat memberikan dukungan serta membantu KPP dalam upaya perbaikan, percepatan, dan peningkatan kualitas layanan yang diberikan.
Pewarta:Meirna D |
Kontributor Foto: Sellia Lussiana F |
Editor: Waruno Suryohadi |
*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.
- 15 kali dilihat