"Pengambilan nomor (antrean) sangat mudah dan cepat," kata Risa Yulianto, pengusaha sekaligus wajib pajak yang memanfaatkan antrean online melalui laman kunjung.pajak.go.id pada hari pertama aplikasi tersebut digunakan di Tempat Pelayanan Terpadu (TPT), Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sidoarjo Barat (Senin, 7/8)

Layanan antrean online melalui aplikasi kunjung pajak disediakan DJP untuk memberikan kemudahan bagi wajib pajak yang hendak memanfaatkan layanan perpajakan secara tatap muka. Wajib pajak dapat menentukan sendiri waktu kunjungan ke kantor pajak. Selain itu, dengan adanya antrean online ini, waktu tunggu dapat dipangkas dan jumlah wajib pajak yang berada di ruang TPT dapat diatur, sehingga tingkat penyebaran Covid-19 juga dapat diminimalisasi.

Aplikasi kunjung pajak ini mulai digunakan oleh seluruh unit kantor pajak sejak 1 September 2020, namun karena sudah ada beberapa wajib pajak KPP Pratama Sidoarjo Barat yang mengambil antrean online dengan aplikasi antrean lama selama pekan pertama di bulan September, maka aplikasi kunjung pajak baru digunakan pada pekan kedua di bulan September ini.

Keputusan tersebut, ditindaklanjuti dengan melakukan pemberitahuan melalui pesan WhatsApp kepada 4000 wajib pajak secara bertahap pada hari Kamis dan Jumat, 3 dan 4 September 2020. Selain itu KPP juga telah memasang standing banner resmi terkait Kunjung Pajak, di gerbang masuk kantor.

Ada kejadian unik pada saat Administrator Sistem tengah membuka kuota antrean online saat uji coba (Jumat, 7/9). Ada wajib pajak yang mendadak datang ke KPP dan langsung mengambil antrean online menggunakan Kunjung Pajak. Dirinya mengaku mendapat pesan WhatsApp namun tidak memperhatikan bahwa dalam pesan tersebut disebutkan Kunjung Pajak baru akan digunakan mulai tanggal 7 September 2020.

“Saya sudah tiga hari gagal upload faktur pajak, sedangkan saya sudah ditunggu oleh rekanan. Kebetulan saya dapat pesan ini dan langsung berangkat ke KPP, ” terang Risa Yulianto. Meskipun seharusnya Kunjung Pajak belum digunakan, namun Petugas Helpdesk tetap sigap melayani, apalagi mengingat keperluan wajib pajak cukup mendesak. Hal ini merupakan bentuk komitmen DJP melalui KPP Pratama Sidoarjo Barat dalam melaksanakan salah satu dari nilai-nilai Kementerian Keuangan yaitu Nilai Pelayanan.

Setelah seluruh proses pelayanan dilalui, Risa mengaku bahwa pengambilan nomor antrean online sangat mudah, ia sempat bercerita, "begitu sampai tadi, saya lihat banner dan langsung coba ambil nomor, sebentar saja mengisi langsung dapat nomor.”

Bagi pengunjung yang tidak terlalu familiar dengan pengisian antrean online tidak perlu khawatir, karena KPP Sidoarjo Barat telah mempersiapkan petugas untuk membantu pengambilan antrean online. Selain itu, calon pengunjung juga dapat meminta panduan secara online melalui empat nomor WhatsApp KPP yang telah tersedia.