Pajak seringkali menjadi topik yang rumit dan membingungkan bagi sebagian masyarakat. Kurangnya pemahaman tentang pajak, tata cara pelaporan, dan pembayaran pajak menjadi tantangan utama yang dihadapi oleh sebagian masyarakat. Di tengah tantangan ini, peran relawan pajak membawa dampak positif dalam membantu meningkatkan kesadaran dan kepatuhan pajak di Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Utara I.

Masyarakat Indonesia yang masih kurang paham tentang perpajakan mungkin tidak memahami jenis-jenis pajak yang harus mereka bayar, tata cara pelaporan yang benar, atau konsekuensi dari tidak mematuhi kewajiban perpajakannya. Serta kurangnya informasi yang mudah dipahami menyebabkan kesenjangan pengetahuan tentang pajak di kalangan masyarakat.

Di Kantor Wilayah DJP Sumatera Utara I, relawan pajak berperan sebagai agen perubahan yang membantu mengatasi kurangnya pengetahuan tentang pajak di masyarakat. Relawan Pajak menyelenggarakan berbagai kegiatan baik secara langsung maupun tidak langsung, melalui media sosial. Baik itu kegiatan yang bersifat penyuluhan dan sosialisasi untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik tentang perpajakan kepada masyarakat pada umumnya serta kerabat dekat dari relawan pajak. Dengan pendekatan yang ramah dan aksesibel, mereka membantu mereduksi kebingungan yang sering kali muncul di kalangan masyarakat terkait dengan masalah perpajakan. Banyak masyarakat juga kurang tahu tentang pajak tetapi memliki rasa takut jika beratnya langsung ke pegawai pajak sehingga mereka lebih memilih untuk bertanya kepada relawan pajak.

Relawan pajak tidak hanya membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penyampaian SPT Tahunan, tetapi juga memberikan bantuan teknis dalam proses penyampaian. Mereka siap membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang timbul mulai dari cara lapor, kemudian apa saja dokumen yang harus dibawa. Relawan pajak juga memberikan panduan praktis dan bahkan membantu tata cara dalam pengisian formulir SPT bagi wajib pajak bagi yang membutuhkan. Dengan adanya bantuan teknis yang tersedia, proses penyampaian SPT Tahunan menjadi lebih mudah dan dapat dilakukan dengan lebih lancar.

Selain menyampaikan informasi dan memberikan bantuan teknis, relawan pajak juga memiliki peran dalam menciptakan lingkungan yang mendukung kepatuhan perpajakan. Melalui kegiatan-kegiatan komunitas dan kerjasama dengan berbagai pihak terutama kampus tempat mereka menimba ilmu, mereka membantu membangun jaringan yang lebih kuat untuk mendukung upaya peningkatan kepatuhan perpajakan.

Relawan pajak bukan hanya sekadar menyampaikan informasi kepada wajib pajak, tetapi juga agen perubahan yang membantu meningkatkan kesadaran dan kepatuhan pajak di masyarakat. Melalui edukasi baik langsung maupun tidak langsung, bantuan teknis, dan pembangunan komunitas, relawan pajak membawa harapan bagi pertumbuhan pencapaian penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) di Kanwil DJP Sumatera Utara I .

 

Pewarta: Syaidina Chaidir Prika
Kontributor Foto: Syaidina Chaidir Prika
Editor: Azhari

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.