Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Soreang menyabet penghargaan Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) Tahun 2021 Kanwil DJP Jawa Barat I pada acara Penganugerahan Kantor Pelayanan Terbaik di Pangandaran (Selasa, 28/10).

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Soreang menyabet penghargaan Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) Tahun 2021 Kanwil DJP Jawa Barat I pada acara Penganugerahan Kantor Pelayanan Terbaik di Kabupaten Pangandaran, Selasa (28/10).

Tiga KPP yang telah mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)  dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)  oleh Tim Penilai Nasional dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB) mengikuti KPT tahun ini, yaitu KPP Pratama Soreang, KPP Madya Bandung, dan KPP Pratama Purwakarta.

Berdasarkan hasil penilaian oleh tim penilai dari Kanwil DJP Jawa Barat I, KPP Soreang menempati peringkat pertama diikuti KPP Madya Bandung di peringkat kedua dan KPP Pratama Purwakarta di peringkat ketiga.

Kepala KPP Pratama Soreang Arif Priyanto mengatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan kinerja dan prestasi semua pegawai KPP pratama Soreang.

“Selain sebagai Penghargaan Kinerja pegawai, predikat ini juga merupakan tanggung jawab dan amanah yg harus diemban oleh seluruh pegawai, bahwa  KPP Pratama Soreang akan mewakili Kanwil DJP jawa barat 1 di penilaian tingkat Nasional, konsekuensi selanjutnya KPP Pratama Soreang   harus semakin baik pelayanan nya dan berkorelasi langsung kepada pencapaian tugas utama menghimpun penerimaan negara,” ujar Arif.

Ia menambahkan, “Semoga semua upaya ini menjadikan pelayanan kepada stakeholders semakin baik, seluruh pegawai semakin bersemangat bekerja dan tugas utama pengamanan target penerimaan pajak dapat terwujud 100 persen,” ujarnya.

Kegiatan Penilaian Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) dilaksanakan dalam rangka evaluasi terhadap penyelenggaraan pelayanan publik serta pemberian apresiasi terhadapa kantor pelayanan terbaik di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak sesuai Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 239/KM.1/2021 tanggal 31 Maret 2021 tentang Pedoman Penilaian Kantor Wilayah Terbaik dan Kantor Pelayanan Terbaik di Lingkungan Kementerian Keuangan.

 

“Penilaian Kantor Pelayanan Terbaik ini sekaligus merupakan bentuk pelaksanaan area perubahan dalam Zona Integritas, yaitu area Manajemen Perubahan, Penguatan Akuntabilitas Kinerja dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik,” ujar Kepala Kanwil DJP Jawa Barat I Erna Sulistyowati.

 

Orang nomor satu di Kanwil DJP Jawa Barat I itu pun menambahkan, “Semoga Kantor Terbaik yang terpilih dapat lanjut ke tingkat nasional, dengan terus menjaga  kinerja dan performa terbaik yang sudah diraih. Sedangkan bagi KPP lainnya dapat menjadi motivasi untuk terus berubah ke arah pencapaian kinerja dan performa  yang lebih baik,” harapnya.

 

Acara yang bertemakan “Jabar Hiji Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh – Meningkatkan Kinerja dan Kualitas Pelayanan” ini dilaksanakan setelah usai Rapat Koordinasi Daerah Kanwil DJP Jawa Barat I.