
Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Singkawang melakukan renovasi Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) pada September silam. Selain merombak tampilan TPT, KPP Pratama Singkawang juga menambah dan memperbarui fasilitas bagi wajib pajak seperti sudut Layanan Mandiri, Kids Corner, Perpustakaan Mini, serta Galeri UMKM. “Banyak fasilitas yang diperbarui. Semuanya demi kenyamanan wajib pajak,” ujar Vella Nur Hamida Petugas TPT KPP Pratama Singkawang di loket pelayanan, Singkawang, Kalimantan Barat (Senin, 26/10)
“Salah satu yang menarik perhatian adalah Layanan Mandiri. Disini tersedia komputer layar sentuh untuk mencetak kode billing secara mandiri. Ada juga mini ATM, charging port, serta berbagai macam leaflet informasi perpajakan,” tambah Vella.
Vella menyampaikan bahwa banyak wajib pajak yang tertarik menggunakan sudut Layanan Mandiri setelah renovasi TPT. “Mungkin karena terlihat lebih modern dan nyaman. Komputer layar sentuh sangat menarik perhatian wajib pajak. Banyak wajib pajak yang memanfaatkannya jadi antrean billing kami di TPT juga berkurang,” ujarnya.
Selain fasilitas kantor, KPP Pratama Singkawang juga meningkatkan keamanan dan kenyamanan wajib pajak dengan menyediakan meja khusus satpam di depan pintu masuk lobi. Wajib pajak yang berkunjung ke KPP wajib mencuci tangan dan mengukur suhu tubuh lalu mengisi buku tamu dan membuka masker sebentar untuk menunjukkan wajah di CCTV yang terpasang di depan pintu lobi.
Setelah memasuki lobi, wajib pajak akan disambut oleh pengarah layanan yang akan membantu wajib pajak mengisi formulir, melengkapi berkas persyaratan, mengarahkan ke loket pelayanan untuk mendapat layanan perpajakan yang diinginkan.
“Wajib pajak memberi respon yang positif. Berdasarkan survei kepuasan layanan perpajakan, banyak dari mereka mengaku suka dengan tampilan TPT dan pelayanan yang diberikan. Menurut info dari Subbagian Umum, untuk renovasi sudah selesai, hanya tinggal menyempurnakan sudut Galeri UMKM dan Papan Informasi Perpajakan,” tutup Vella.
- 18 kali dilihat