Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Sinjai melaksanakan kegiatan penyisiran canvassing yang menargetkan para usahawan yang menjalankan bisnis di Pasar Lappa, Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai (Rabu, 8/9). Hal ini mengingat Pasar Lappa merupakan salah satu pusat perekonomian masyarakat Kabupaten Sinjai yang setiap harinya tidak pernah sepi dikunjungi pembeli dari berbagai wilayah.

Pihak KP2KP Sinjai yang diterjunkan dalam kegiatan penyisiran canvassing ini berjumlah tiga orang yaitu Firmansyah Surya, Hendri Wahyu, dan Ilham Aksar. Demi menghindari penyebaran virus Covid-19, tiga orang perwakilan KP2KP Sinjai tersebut senantiasa disiplin mengaplikasikan protokol kesehatan Covid-19 seperti memeriksa suhu badan sebelum melakukan kegiatan, menerapkan jaga jarak, rajin menggunakan penyanitasi tangan, dan memakai jenis masker yang direkomendasikan oleh WHO.

Lewat kegiatan penyisiran canvassing ini, pihak KP2KP Sinjai berharap dapat menambah kuantitas data perpajakan. Adapun data yang dikumpulkan dapat berupa merek bisnis, biodata usahawan, status kepemilikan NPWP, lokasi, nomor telepon, akun sosial media, jumlah karyawan, jenis usaha, mitra usaha, daftar aset, dan jumlah peredaran bruto setiap bulan. Selain itu, kegiatan ini digunakan sebagai sarana dalam mengingatkan para usahawan untuk lebih rutin memenuhi kewajiban perpajakannya.

Pihak KP2KP Sinjai pun menjabarkan tujuan pelaksanaan kegiatan ini. “Lewat kegiatan penyisiran canvassing ini, kami pihak KP2KP Sinjai berharap dapat menambah data dan informasi perpajakan yang nantinya berguna sebagai acuan dalam menggali potensi pajak. Kami juga mengimbau bagi para usahawan di Pasar Lappa yang belum memiliki NPWP supaya mendaftar NPWP secara daring melalui website https://ereg.pajak.go.id/ menggunakan surel masing-masing. Terus bagi para usahawan yang sudah memiliki NPWP, kami imbau supaya lebih rajin melaksanakan kewajiban perpajakan dengan memaksimalkan berbagai fasilitas daring yang disediakan seperti aplikasi M-Pajak, aplikasi WA Billing Center, dan aplikasi E-Form versi terbaru dalam format dokumen portabel atau pdf,” tutur Firmansyah.

Esti salah satu usahawan yang dikunjungi pun menyampaikan apresiasi kepada pihak KP2KP Sinjai yang telah menjalankan program canvassing. “Saya ingin menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada bapak-bapak pegawai pajak dari KP2KP Sinjai yang telah mengedukasi saya perihal NPWP dan kewajiban yang menyertainya,'' tuturnya.

''Saya sudah 10 tahun menjalankan usaha kecil berupa rumah makan di Pasar Lappa ini dan memang sejauh yang saya ketahui Pasar Lappa adalah salah satu pusat perputaran uang di Kabupaten Sinjai. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika teman-teman sesama pedagang di sini ikut berkontribusi kepada perekonomian negara dengan lebih taat membayar dan melapor pajaknya. Apalagi era sekarang sudah ada aplikasi online dari Direktorat Jenderal Pajak yang bisa kita manfaatkan,” pungkas Esti.