Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Malili dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Palopo bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Timur menyelenggarakan kegiatan Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi e-Filing di ruang Aula Sasana Praja Sekretariat Daerah Kabupaten Luwu Timur (Selasa, 23/3).

Bertujuan memberi teladan dan contoh kepada masyarakat khususnya Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk melaksanakan kewajiban perpajakan, acara ini dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Luwu Timur Budiman Hakim, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Khris Rolanto, Sekretaris Daerah Luwu Timur Bahri Suli dan Kepala Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan Samuel Nugroho, serta jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Luwu Timur.

Dalam sambutannya, Budiman mengatakan bahwa sebagai perangkat pemerintah daerah harus tetap menjaga sinergi dengan pemerintah pusat. Hal ini dikarenakan APBD merupakan bagian di dalam APBN di mana pajak merupakan kontributor terbesar dalam APBN. Oleh karena itu, ia mengimbau kepada ASN khususnya Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menjadi contoh bagi masyarakat dalam melaksanakan kewajiban perpajakan.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Khris Rolanto dalam sambutannya menambahkan bahwa penyampaian SPT Tahunan telah dipermudah dengan metode daring melalui e-Filing sehingga wajib pajak dapat melaporkan pajaknya di rumah saja tanpa harus datang ke kantor pajak.

Berdasarkan Surat Edaran Menteri PANRB No. 24 Tahun 2017, Penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi bagi Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, dan Anggota Polri wajib melalui e-Filing. Oleh karena itu kegiatan ini juga sebagai pengingat bagi jajaran Perangkat Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur yang belum melaporkan SPT Tahunan agar segera melaporkannya melalui e-Filing.

Pihak KP2KP Malili dan KPP Pratama Palopo bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur juga turut berkomitmen untuk terus mendukung pembangunan WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani).