Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Singkawang mengadakan survei kepuasanan layanan asistensi pelaporan SPT Tahunan dengan e-Filing di Singkawang (Rabu, 31/3). Kegiatan yang dilakukan di Tempat Pelayana Terpadu KPP Pratama Singkawang ini, mulai dilaksanakan tanggal 15 Maret 2021 dan berakhir 31 Maret 2021. Kepala Seksi Pelayanan Setia Trisaputra menyatakan bahwa survei ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Seksi Pelayanan KPP Pratama Singkawang.

Pada tempat yang sama, Nurrizal Andiansyah Rachman selaku koordinator Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) mengatakan bahwa tujuan survey untuk melihat kepuasan wajib pajak.

“Tujuan mengadakan survei ini adalah untuk melihat tingkat kepuasan wajib pajak terhadap layanan yang diberikan terutama pada momen pelaporan SPT Tahunan kemarin,” kata Rizal. Ia menambahkan, “Layanan asistensi e-Filing cukup ramai sejak awal Februari sampai pertengahan Maret dan didominasi oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS), tentara, polisi, serta karyawan di Rumah Sakit Vincentius serta Rumah Sakit Jiwa di Singkawang,”

Survei kepuasan layanan asistensi e-Filing ini diikuti oleh 353 responden wajib pajak. Survei dibuat dengan Google Form dan terdiri atas daftar pertanyaan sebagai berikut :

  1. Apakah petugas memberi pelayanan secara tuntas dan jelas?
  2. Apakah petugas bersikap sopan dan profesional secara keseluruhan?
  3. Bagaimana tingkat kepuasan atas pelayanan yang telah anda dapatkan di KPP Pratama Singkawang?

Terkait mekanisme pengisian survei, Rizal menjelaskan, “Usai mendapatkan layanan asistensi e-Filing, wajib pajak dapat mengakses tautan survei dengan melakukan scan barcode yang disediakan, lalu menjawab pertanyaan dan mengisi kolom komentar dengan kritik maupun saran.”

“Hasil surveinya cukup memuaskan. 70% responden menyatakan sangat puas, 26% responden puas, dan sisanya mengisi cukup puas. Beberapa wajib pajak juga menuliskan pesan berupa ucapan terima kasih dan ada pula yang memberi kritik untuk perbaikan server DJP Online,” sambung Rizal sembari membaca komentar wajib pajak.

Menanggapi hasil survei, Setia Trisaputra mengaku senang apabila wajib pajak puas dengan layanan yang diberikan. “Semoga kami bisa terus meningkatkan kualitas layanan untuk membantu wajib pajak. Apabila kita tulus dan memberikan layanan yang maksimal, harapannya kepatuhan dan kesadaran wajib pajak juga akan meningkat,” tutur Setia.