
Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Sinjai melaksanakan agenda penyisiran di Pasar Tradisional Cilellang yang berlokasi di Desa Pattalassang, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai (Jumat, 22/10).
Petugas KP2KP Sinjai yang diterjunkan dalam agenda penyisiran kali ini berjumlah tiga orang yaitu Nurlina, Firmansyah Surya, dan Hendri Wahyu.
Agenda penyisiran menargetkan para pedagang yang mempunyai kios, gerai, atau warung di Pasar Tradisional Cilellang. Melalui agenda penyisiran ini, pihak KP2KP Sinjai berharap dapat meningkatkan kuantitas data perpajakan dan menambah kepatuhan para pedagang dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya.
Pada setiap pedagang yang didatangi, petugas KP2KP Sinjai memberikan edukasi perpajakan secara singkat kepada para pedagang yang sudah ber-NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan yang belum ber-NPWP. Kepada pedagang yang belum ber-NPWP, petugas KP2KP Sinjai menyampaikan imbauan agar segera melakukan pendaftaran secara mandiri menggunakan surel masing-masing di situs https://ereg.pajak.go.id/. Sedangkan kepada pedagang yang sudah ber-NPWP, petugas KP2KP Sinjai memberikan sosialisasi secara singkat mengenai tata cara pengisian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Non Karyawan serta mengajak supaya para wajib pajak tersebut lebih konsisten melaksanakan kewajiban penyetoran PPh Final untuk UMKM.
Apriadi salah satu pedagang yang didatangi petugas KP2KP Sinjai menyampaikan apresiasi atas agenda penyisiran ini. “Terima kasih banyak kepada bapak ibu petugas yang sudah meluangkan waktu untuk datang menemui para pedagang di Pasar Tradisional Cilellang ini. Selain itu, saya dan teman-teman sesama pedagang juga mengapresiasi tindakan bapak ibu dalam memberikan sosialisasi sekaligus ajakan secara langsung supaya kami melaksanakan kewajiban perpajakan dengan baik,” tuturnya.
“Saya memang sudah terdaftar memiliki NPWP, namun beberapa waktu belakangan ini saya tidak melaksanakan kewajiban dengan baik. Tentu kedatangan bapak ibu saat ini menjadi peringatan bagi saya pribadi agar lebih rajin dalam melakukan pelaporan dan pembayaran pajak. Apalagi tadi dijelaskan soal manfaat aplikasi M-Pajak dan WA Billing Center yang bisa membantu saya dalam memperoleh layanan perpajakan. InsyaAllah aplikasi tersebut akan saya maksimalkan penggunaannya,” lanjut Apriadi.
Di akhir penyisiran, Hendri Wahyu menyebut jika kedatangan tiga petugas KP2KP Sinjai disambut baik oleh para pedagang di Pasar Tradisional Cilellang. “Terima kasih kami ucapkan karena kedatangan kami disambut dengan baik. Bahkan saat kami datangi satu per satu di kios atau warungnya, para pedagang kooperatif dan tidak menghindar," kata Hendri.
"Semoga sikap baik ini juga berbanding lurus dengan peningkatan kesadaran dan kepatuhan pajak para pedagang. Hal ini dikarenakan Pasar Tradisional Cilellang merupakan salah satu jantung perekonomian masyarakat di Kecamatan Sinjai Timur dan Sinjai Selatan, sehingga ada potensi pajak yang seharusnya dapat digali lebih dalam. Sebab setiap rupiah yang berputar di pasar ini ada pajak yang wajib disetor ke negara guna kemanfaatan bersama,” tutup Hendri menyampaikan harapannya.
- 20 kali dilihat