
KPP Pratama Surabaya Karangpilang bekerjasama dengan UMKM binaan Kantor Kecamatan Wiyung mengadakan Business Development Service (BDS) dengan tema Branding sebagai Strategi Marketing UMKM secara hybrid dengan daring di zoom dan kanal YouTube serta luring di Kantor Kecamatan Wiyung (Rabu, 28/9).
Kegiatan yang bertujuan untuk mengoptimalkan digital marketing UMKM di kala pandemi ini langsung mendatangkan entrepenur muda dan expert di bidang marketing. Dhiemas Arya Putra, seorang Creative Marketer menjadi pembicaranya. Dhiemas yang juga Marketing Lead Manager Sayurbox dan Anggota Divisi Kuliner Gekraf Jawa Timur sejak awal acara langsung membagi kunci sukses dalam bisnis yang digelutinya dengan melakukan branding yang tepat dan marketing yang masif atas usaha yang dijalankannya.
Bahkan ditengah Pandemi yang serba sulit ini, dirinya juga memberikan contoh, dan teknik bangkit dari keterpurukan berwirausaha. Selain diikuti daring melalui zoom, kegiatan juga dilakukan melalui YouTube live streaming KPP Pratama Surabaya Karangpilang dan Luring di Aula Kantor Kecamatan Wiyung, puluhan peserta ikut serta aktif dalam kegiatan tersebut yang dipandu oleh moderator M Irham Fathoni dan Anda Puspitarini selaku Penyuluh KPP Pratama Surabaya Karangpilang.
Salah satu peserta, Lukas merasa bersyukur atas terselenggaranya kegiatan ini. Dinilainya kegiatan ini menarik dan memberikan pemahaman yang dapat diaplikasikan langsung untuk memajukan usaha UMKM.
“Semoga kedepannya ada lagi acara sejenis dengan tema-tema lain yang bermanfaat untuk kami UMKM agar dapat mengembangkan usaha,“ ujarnya
Dalam materinya, Dhiemas menjelaskan pentingnya melakukan branding terhadap produk UMKM, sebab ini akan membantu meningkatkan penjualan produk atau jasa yang disediakan. Dengan branding inilah maka nama produk maupun nama perusahaan mudah diingat oleh masyarakat. Apalagi jika mampu membuktikan kualitas, maka dipastikan tidak sulit menarik minat lebih banyak orang untuk membeli.
“Selain itu kepercayaan publik yang sudah terbangun dengan baik melalui strategi branding yang tepat akan menghasilkan keberhasilan mencapai target penjualan dan akan menstabilkan atau bahkan meningkatkan angka penjualan kita“ serunya.
Sementara itu, Kasi Perekonomian Kantor Kecamatan Wiyung, Soelthoni saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa pihaknya akan selalu ikut serta dan berkomitmen untuk memajukan dan membantu mengembangkan usaha UMKM, termasuk memberikan dukungan bagi kegiatan yang dilakukan oleh KPP Pratama Surabaya Karangpilang ini.
“Kerja sama yang baik dengan KPP Pratama Surabaya Karangpilang kali ini diharapkan menjadi langkah awal dan diharapkan kedepannya akan memberikan manfaat yang lebih besar untuk berkontribusi dalam memajukan UMKM di wilayah kecamatan Wiyung, “ jelasnya.
Dalam kesempatan ini, Kepala KPP Pratama Surabaya Karangpilang, Eko Radnadi Susetio menyampaikan bahwa kegiatan BDS kali ini menunjukkan komitmen dan upaya yang kuat dari Direktorat Jenderal Pajak untuk melakukan Pembinaan kepada Wajib Pajak UMKM melalui program BDS sehingga Wajib Pajak UMKM dapat terus mengembangkan kegiatan usahanya.
“Alhamdulillah kegiatan ini sukses dilaksanakan dengan baik, kita bisa memberikan edukasi kepada wajib pajak dalam hal pengembangan dan pemasaran ekonomi kreatif, serta pembinaan secara mendetail agar pemulihan ekonomi dapat kita rasakan lebih cepat, “ ungkapnya.
- 22 kali dilihat