Kantor Pelayanan Pajak Pratama Curup sebagai mitra Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Lebong menghadiri undangan pembahasan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Lebong (Selasa, 14/02).

Kegiatan dihadiri Bupati Lebong beserta beberapa Asisten Pemerintahan, dan 22 Mitra MPP yang terdiri dari Unit Pelayanan Pemerintahan Daaerah dan Intansi Vertikal Pusat.  Kegiatan ini sebagai tindak lanjut atas kunjungan Asisten Deputi Standarisasi Pelayanan Publik dan Pelayanan Inklusif  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan persiapan sebelum peresmian MPP  oleh Wakil Presiden Rakyat Indonesia Ma’ruf Amin yang dijadwalkan pada bulan Maret mendatang.

Kegiatan pembahasan dilaksanakan di Ruang Rapat Bahtera dan langsung  dibuka dengan pemaparan kondisi MPP Kabupaten lebong oleh Nelawati Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Lebong dan selanjutnya diteruskan dengan beberapa masukan  dari kunjungan tim Kemenpan Reformasi Birokrasi. Ada beberapa point yang harus dibenahi seperti fasilitas untuk disabilitas (toilet dan jalur pelayanan, serta tempat tunggu), masalah peningkatan jaringan internet yang masih kurang, taman bermain anak, dan ruang laktasi yang belum terstandar dimana mengharuskan adanya lemari es serta ruangan ber-AC. Selain point-point diatas, ada point yang sangat ditekankan oleh tim peninjau dan belum bisa ditindaklanjuti yaitu agar semua mitra pelayanan dapat melakukan pelayanan sama dengan hari kerja seperti biasa dan diharapkan semua mitra dapat menyesuaikannya.

“Semua masyarakat lebong perlu diberikan edukasi lebih terkait lokasi pelayanan terpusat seperti MPP ini dan dihimbau agar tidak perlu takut pergi mengurus keperluannya sendiri dan Mari bersama kita perkuat hubungan dan satukan langkah sebelum peresmian nanti ” ujar Kopli Ansori selaku Bupati Kabupaten Lebong.

Menanggapi perihal jam pelayanan memang sepertinya tetap menjadi masalah yang belum terselesaikan bagi semua mitra-mitra pelayanan, karena sumber utama permasalahannya ialah kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kita juga masih kekurangan SDM menanggapi masukan jam pelayanan tadi ya. Tetapi kita selalu meningkatkan pelayanan dimana ketika petugas tidak hadir, kita sudah menyiapkan saluran lain yang selalu standby di hari kerja untuk semua layanan baik itu untuk pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT), konsultasi perpajakan, dan pelayanan lainnya.” jawab Henky selaku Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Curup.

“MPP Lebong merupakan MPP pertama di Provinsi Bengkulu yang persiapannya sudah 80% dibandingkan MPP Kota Bengkulu dan MPP Kabupaten Bengkulu Tengah yang masih dibawah kita. Sehingga menjadi nilai lebih untuk kita agar semakin semangat mempersiapkan peresmian ini dan kita sangat membutuhkan bantuan Pemerintahan Kabupaten Lebong dan mitra-mitra pelayanan agar MPP ini menjadi MPP terbaik kedepannya” tutup Nelawati dalam pembahasan bersama mitra-mitra lainnya.

 

Pewarta: Irwansyah
Kontributor Foto: Irwansyah
Editor: Raden Rara Endah Padminingrum