Medan, 5 September 2023 – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Utara I (Kanwil DJP Sumut I) menggelar kegiatan Program Inovasi Layanan di Aula Istana Maimun Kanwil DJP Sumut I (Kamis, 31/9).

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh unit kerja di lingkungan Kanwil DJP Sumut I tersebut, diisi dengan sharing session oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Batam sebagai peraih Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) Kementerian Keuangan Tahun 2022. Materi pada sharing session tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi Pelayanan KPP Madya Batam Liani Hellena.

Dalam paparannya Liani menyampaikan bahwa kantor pelayanan harus menjawab tantangan yang dihadapi dengan memberikan layanan prima dan menyediakan sarana pendukung yang mumpuni, sehingga dapat memudahkan akses wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. KPP juga penting untuk terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan, pengawasan dan pemeriksaan.

“Terdapat tiga hal penting dalam upaya mewujudkan Kantor Pelayanan Terbaik yaitu, pelayanan publik diperbaiki, pengaduan ditangani dan direspon, serta perizinan/pelayanan dipermudah,” ujar Liani.

Pada kesempatan tersebut, turut diberikan pemaparan materi Learning Organization for Service Excellent oleh Kepala Balai Diklat Keuangan Medan Sunardi. Sunardi menyampaikan bahwa sebagai Aparatur Sipil Negara harus memiliki nilai bangga melayani bangsa.

Dalam merealisasikan service excellent membutuhkan empat komponen untuk ditingkatkan. Pertama, proses yang lebih sederhana, cepat, dapat dipercaya, dan fleksibel. Kedua, produk yang memenuhi kebutuhan stakeholders dan relevan. Ketiga, pegawai yang ramah, membantu stakeholders, memiliki kompetensi yang mumpuni, dan berpenampilan menarik.  Keempat, lokasi yang strategis, nyaman, dan tersedia sarana serta prasarana yang mendukung.

Salah satu upaya untuk mewujudkan service excellent adalah dengan membangun learning organization pada unit kerja. Learning organization merupakan organisasi yang terus-menerus dan terencana memfasilitasi anggotanya agar mampu berkembang dan bertransformasi, baik secara kolektif maupun individual dalam upaya mencapai hasil yang lebih baik.

Selaras dengan hal tersebut, Kanwil DJP Sumut I saat ini tengah melakukan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Maka dari itu, Kanwil DJP Sumut I membutuhkan dukungan dan kerja sama dari seluruh stakeholders, sehingga hal tersebut dapat terwujud dengan baik.