Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Poso menyelenggarakan Edukasi Coretax Tahap I di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Kamis, 22/8). Kegiatan yang dilaksanakan selama enam jam ini dihadiri oleh tiga belas wajib pajak berstatus Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang memenuhi persyaratan sebagai wajib pajak yang diprioritaskan dalam kegiatan edukasi .

Mengawali penyampaian materi, Tim Edukator KPP Pratama Poso memberikan paparan sekilas terkait fitur-fitur dasar dalam Coretax, mulai dari portal profil Wajib Pajak, e-Faktur, e-Bupot, Surat Pemberitahuan (SPT), pembayaran, buku besar, dan layanan wajib pajak. Tak lupa, tim edukator juga menyampaikan mekanisme pemberian tanggapan terhadap Surat Permintaan Penjelasan atas Data dan/atau Keterangan (SP2DK), pemberian respons atas Surat Tagihan Pajak (STP) dan pengungkapan ketidakbenaran SPT sebagai bagian dari kegiatan pengawasan dan pemeriksaan dalam perpajakan.

Kegiatan utama dari edukasi ini adalah pengenalan aplikasi melalui praktik langsung. Ata, Asisten Penyuluh Pajak Mahir, menjelaskan bahwa sistem deposit pada aplikasi Coretax ini tidak mengakomodasi pembayaran setengah-setengah. Semisal, pajak terutangnya sebesar dua juta rupiah, namun saldo deposit yang dimiliki hanya satu juta rupiah, maka tidak akan muncul pilihan untuk menggunakan deposit.

“Enggak bisa tuh satu juta pakai deposit, sisanya pake billing. Jadi, nanti pilihan yang muncul saat Bapak/Ibu hendak melakukan pembayaran hanya pembayaran menggunakan kode billing,” terang

Menutup rangkaian acara, salah seorang wajib pajak menyampaikan ungkapan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan edukasi.

“Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada perusahaan kami untuk ikut di kegiatan edukasi hari ini meski ada kendala beberapa eror dan jaringannya agak lambat. Kami harap di tahap berikutnya, aplikasinya sudah lebih baik dan perusahaan kami bisa diundang lagi,” tutup wajib pajak.

 

Pewarta: Nurrima Ayu Asyifa Wati
Kontributor Foto: Langit Basudewa
Editor: Syafa'at Sidiq Ramadhan

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.