
Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Sinjai melaksanakan Kegiatan Pengumpulan Data Lapangan (KPDL) di Kelurahan Bongki, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai (Kamis, 16/9). Pelaksanaan KPDL ini merupakan kegiatan yang KP2KP Sinjai maksudkan untuk meningkatkan basis data perpajakan sekaligus menyampaikan sosialisasi kepada wajib pajak guna menambah pengetahuan dan kepatuhan dalam memenuhi kewajiban perpajakan.
Sebelumnya, KP2KP Sinjai memperoleh data dari Kantor Notaris/PPAT Aenuddin terkait Laporan Pembuatan Akta Pemberian Hak Tanggungan (APHT) tahun 2020 yang mengatur persyaratan dan ketentuan mengenai pemberian Hak Tanggungan dari debitor kepada kreditor sehubungan dengan hutang yang dijaminkan dengan Hak Tanggungan. Dalam hal ini, Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Sinjai selaku kreditor dan wajib pajak sebagai debitor. Setelah memperoleh data tersebut, KP2KP Sinjai melakukan analisis dan pengolahan data guna mendukung pelaksanaan KPDL.
Petugas KP2KP Sinjai Ilham Aksar dan Hendri Wahyu melaksanakan kegiatan ini. Adapun cara yang mereka gunakan dalam mengumpulkan data dari wajib pajak adalah wawancara, memotret objek, dan membuat penandaan (tagging) pada rumah serta lokasi usaha. Petugas juga tidak lupa menyampaikan sosialisasi tentang kewajiban untuk melaporkan SPT Tahunan Pajak Penghasilan dan menyetorkan PPh Final. Wajib pajak yang dikunjungi pun tak sungkan untuk bertanya kepada petugas terkait peraturan dan tata cara dalam memenuhi administrasi perpajakan tersebut.
Petugas KP2KP Sinjai juga menyampaikan apresiasinya pada wajib pajak yang kooperatif dalam pelaksanaan KPDL ini. “Terima kasih kami ucapkan kepada wajib pajak yang kami kunjungi karena sudah menerima kedatangan kami dengan sangat ramah dan terbuka,'' tutur Ilham Aksar. ''Kami berharap kegiatan KPDL ini dapat menjadi momentum bagi wajib pajak agar lebih disiplin memenuhi kewajiban pelaporan dan pembayaran pajak sesuai peraturan kepada negara. Selain itu, kami menginginkan supaya KPDL menjadi cara yang tepat dan efektif dalam memastikan kualitas data sekaligus meningkatkan kuantitas data yang dipunyai KP2KP Sinjai,” kata Ilham melanjutkan.
Risal, salah satu wajib pajak yang dikunjungi pun mengaku turut merasa terbantu atas kunjungan perwakilan KP2KP Sinjai ini. “Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak-Bapak dari Kantor Pajak Sinjai yang telah berkunjung ke kediaman dan lokasi usaha saya. Saya merasa terkesan karena Kantor Pajak Sinjai rela melakukan usaha ‘jemput bola’ dengan memberikan sosialisasi perpajakan secara langsung. Hati saya jadi terketuk, oleh dari itu mulai sekarang saya akan rajin melakukan kewajiban saya sebagai seorang wajib pajak. Karena bisa dikatakan saya ini telah menikmati berbagai fasilitas dari uang pajak, jadi sebagai gantinya saya harus rajin membayar dan melapor pajak,” tuturnya.
- 26 kali dilihat