Kantor Pelayan Pajak (KPP) Pratama Samarinda Ilir mulai menugaskan Relawan Pajak untuk memberikan asistensi wajib pajak di wilayah Kota Samarinda dalam pelaporan SPT Tahunan (Senin, 8/3). Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program Relawan Pajak tahun 2021 yang dibentuk atas kerja sama Direktorat Jenderal Pajak dengan berbagai instansi penyelenggara pendidikan tinggi dan Tax Center di seluruh Indonesia.

Sebanyak 15 orang relawan pajak yang diterjunkan untuk bertugas mulai tanggal 8 Maret 2021 hingga 31 Maret 2021 ini berasal dari berbagai perguruan tinggi di Kota Samarinda diantaranya 8 orang dari Universitas Mulawarman, 4 orang dari Universitas 17 Agustus 1945, dan 3 orang dari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Sebelum bertugas, para relawan pajak telah diberi pembekalan oleh Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Samarinda Ilir Faisal Alami terkait teknis pelaporan SPT Tahunan. Faisal menyampaikan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan relawan pajak selama bertugas melayani wajib pajak. “Apapun masalahnya, kita harus selalu tersenyum dalam melayani wajib pajak. Mereka harus puas atas layanan yang kita berikan,” ucap Faisal.

Relawan Pajak ini bertugas untuk memberikan asistensi pada wajib pajak yang berprofesi sebagai karyawan dalam pelaporan SPT Tahunan melalui e-Filing. Sedangkan bagi wajib pajak badan dan usahawan, akan dilayani oleh pegawai yang bertugas di lantai 3 KPP Pratama Samarinda Ilir. Dalam pelaksanaannya, relawan pajak tetap didampingi oleh pegawai KPP Pratama Samarinda Ilir agar dapat melayani wajib pajak dengan baik. Selain itu, terdapat juga grup Whatsapp yang dapat digunakan para relawan untuk berkomunikasi jika mengalami kesulitan.

Salah satu relawan, Siti Nursiah dari Universitas Mulawarman jurusan Akuntansi mengaku alasan dalam mengikuti relawan pajak ini untuk menambah pengetahuan tentang perpajakan sekaligus pengalaman dalam dunia kerja. Pihak KPP Pratama Samarinda Ilir berharap dengan adanya relawan pajak, wajib pajak yang datang ke kantor untuk melaporkan SPT Tahunannya dapat ditangani dan dilayani dengan baik.