Petugas Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bengkulu Satu menempuh perjalanan sejauh 90 kilometer menuju kawasan tambang batu bara untuk memberikan asistensi pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan di PT JYL Indo Mining, Desa Air Sebayur, Kecamatan Pinang Raya, Bengkulu Utara (Kamis, 7/3). Perusahaan ini bergerak di sektor jasa penunjang pertambangan, mencakup pengelolaan proyek, operasional tambang, serta layanan dukungan teknis bagi industri pertambangan.
Kegiatan asistensi ini diikuti oleh puluhan karyawan PT JYL Indo Mining yang ingin melaporkan SPT Tahunan mereka. Proses diawali dengan pembagian bukti potong pajak penghasilan yang disediakan oleh bendahara perusahaan. Setelah menerima bukti potong, para karyawan langsung mendapatkan bantuan dari petugas pajak dalam menyelesaikan berbagai kendala, mulai dari lupa EFIN, lupa kata sandi, hingga kesulitan mengakses email yang terdaftar dalam sistem perpajakan. Tidak hanya petugas, dua orang Relawan Pajak untuk Negeri (Renjani) juga berpartisipasi dalam kegiatan ini.
Febrianto Nuari, salah satu karyawan PT JYL Indo Mining, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas asistensi yang diberikan. "Kami sangat terbantu dengan petugas yang mau jauh-jauh datang ke sini. Kami kesulitan dalam mengakses akun pajak kami sendiri, tapi dengan adanya petugas pajak yang datang langsung ke lokasi, semua proses menjadi jauh lebih mudah," ujar Febrianto.
Faruq, petugas pajak yang turut serta dalam kegiatan ini, menegaskan bahwa asistensi lapangan semacam ini merupakan bentuk komitmen KPP Pratama Bengkulu Satu dalam memberikan pelayanan optimal serta meningkatkan kesadaran dan kepatuhan pajak di berbagai sektor. "Kami memahami bahwa tidak semua wajib pajak memiliki akses mudah ke kantor pajak. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini, kami ingin memastikan bahwa setiap karyawan dapat memenuhi kewajibannya dengan benar dan tepat waktu," jelas Faruq.
"Dengan adanya asistensi ini, Kantor Pajak Bengkulu Satu berharap akan semakin banyak karyawan dan perusahaan yang memahami pentingnya pelaporan pajak secara mandiri dan tertib. Kantor Pajak (KPP Pratama—red) Bengkulu Satu akan terus berupaya menghadirkan layanan jemput bola demi meningkatkan kepatuhan pajak di seluruh wilayah," tutup Faruq.
Pewarta: Revanza Almaas |
Kontributor Foto: Guswan Rizki |
Editor: |
*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.
- 5 kali dilihat