Perwakilan Kementerian Keuangan Belanda melakukan kunjungan ke Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak di Jakarta (Selasa, 23/5). Perwakilan tersebut, tergabung dalam Jong Financiën dan terdiri dari 32 pegawai dari berbagai unit di dalam Kementerian Keuangan Belanda, termasuk di dalamnya unit administrasi perpajakannya.

Kunjungan tersebut telah dikoordinasikan dan pada pelaksanaannya dipimpin oleh Ibu Guusta Visser, Atase Keuangan Kerajaan Belanda untuk Singapura, Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam yang berkedudukan di Singapura. Direktur Perpajakan Internasional DJP, Bapak Mekar Satria Utama menerima kunjungan tersebut dengan didampingi oleh Ibu Leli Listianawati, Kepala Subdirektorat Perjanjian dan Kerja Sama Internasional, Bapak Satrio Adhi Wibowo, Kepala Seksi Perjanjian dan Kerja Sama Perpajakan Internasional I, dan Ibu Niken Evi Suryani, Kepala Seksi Kerjasama Luar Negeri.

Study visit ini adalah acara terakhir dari kunjungan selama dua-minggu perwakilan Belanda, setelah sebelumnya telah dilakukan kunjungan ke Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Study visit ini bertujuan untuk berbagi pengalaman antara kedua administrasi perpajakan. Selama kunjungan, Jong Financiën diberikan paparan untuk dapat mempelajari system perpajakan di Indonesia dan sekilas tentang DJP selaku administrasi perpajakan. DJP juga menyajikan strateginya dalam mengatasi tantangan geografis dalam pemberian pelayanan Indonesia dan penyuluhan dini tentang perpajakan, peran Indonesia dalam kerangka perpajakan internasional serta perkembangan digital di DJP.

Acara berlangsung dengan lancar dengan diskusi yang menarik, diikuti dengan sesi tanya jawab yang walaupun berlangsung singkat namun menunjukkan antusiasme dan keingintahuan yang tinggi Jong Financiën untuk belajar dari DJP. Jong Financiën khususnya tertarik dengan perkembangan digitalisasi dalam DJP. Kedua belah pihak menyadari bahwa akan adanya persamaan permasalahan yang dihadapi, khususnya dengan pengelolaan sistem legacy yang sudah ada dalam era digitalisasi dan bagaimana mengatasi dan mengakomodasi berbagai kepentingan dan kebutuhan berbagai pihak dalam melaksanakan tugas sebagai administrasi perpajakan. Di akhir acara, kedua belah pihak bertukar cindera mata dan berkesempatan untuk melangsungkan sesi foto Bersama.

Jong Financiën adalah sekelompok grup yang terdiri dari pegawai muda dan yang berjiwa muda dari berbagai departemen dalam Kementerian Keuangan Belanda yang memiliki minat yang sama untuk saling berkumpul, melakukan diskusi, melakukan pertemuan, mengembangkan jaringan, bertukar ide dan informasi dari satu sama lain. Grup ini secara rutin melakukan kunjungan ke luar Eropa untuk bertemu dengan berbagai organisasi pemerintahan dan non pemerintahan untuk mendengar cerita dan saling belajar dari pengalaman negara lain. Tahun ini, Jong Financiën menghabiskan dua minggu di Jogjakarta dan Jakarta serta mengakhiri kunjungannya di Kantor Pusat DJP.

 

 

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.