Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kembali menorehkan tinta emas dalam ajang kehumasan. Bertempat di Bali, DJP meraup enam penghargaan dalam event Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2024 (Kamis, 7/3). Keenam kusala tersebut adalah:

  1. Gold Winner, Kategori Kanal Digital, Subkategori Media Sosial TikTok;
  2. Gold Winner, Kategori Kanal Digital, Subkategori Media Sosial Instagram;
  3. Silver Winner, Kategori Kanal Digital, Subkategori Aplikasi, Aplikasi Renjani;
  4. Silver Winner, Kategori Laporan Tahunan, Subkategori Annual Report;
  5. Bronze Winner, Kategori Manajemen Krisis, Subkategori Krisis dan Pascakrisis; dan
  6. Bronze Winner, Kategori Owned Media, Subkategori Video Profil.

Dengan mengantongi enam penghargaan tersebut, DJP dikukuhkan sebagai Pemenang Platinum pada sektor Kementerian, bersama tujuh institusi peraih platinum dari sektor lainnya. Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat Perpajakan DJP, Inge Diana Rismawanti, menyambut positif atas raihan ini. “Kami bersyukur atas penghargaan ini, dan semoga ke depannya DJP lebih baik lagi dalam mempertahankan dan bahkan meningkatkan kualitas layanan kehumasan,” ujarnya.

Adapun tahun lalu DJP juga mengemas total enam penghargaan, dengan perincian empat medali, satu penghargaan perorangan, serta satu award kampanye kehumasan terbaik sektor kementerian. Sejumlah penghargaan tersebut adalah:

  1. Gold Winner, Kategori Kanal Digital, Subkategori Media Sosial Tiktok;
  2. Gold Winner, Kategori Kanal Digital, Subkategori Situs Web https://pajak.go.id/
  3. Gold Winner, Kategori Program PR, Sub Kategori Government PR Mahakarya Vokasi
  4. Silver Winner, Kategori Owned Media, Subkategori e-Magazine Intax - Edisi 5 2022
  5. Best Presenter, Dwi Astuti
  6. PR Campaign of The Year PRIA 2023 Sektor Kementerian

Dengan demikian, media sosial TikTok DJP (@ditjenpajakri) dalam dua tahun terakhir secara berturut-turut memborong medali emas. TikTok DJP menampilkan konten edukasi dan informasi perpajakan secara ringan dan jenaka, sehingga lebih mudah ditangkap oleh audiens melalui pendekatan yang segar.

Secara terpisah, Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP, Dwi Astuti, menegaskan bahwa DJP senantiasa berkomitmen dalam menyebarluaskan informasi publik secara kredibel dan akuntabel. “Sebagai institusi yang menyelenggarakan administrasi pajak negara, kami termotivasi untuk senantiasa meningkatkan kualitas informasi publik yang kami sampaikan, demi menjalankan peran komunikasi dan edukasi perpajakan,” ujarnya.

Dwi Astuti berpesan bahwa insan kehumasan DJP harus semakin terlecut untuk memberikan yang terbaik dalam menggawangi reputasi institusi, dengan selalu berinovasi dalam menyebarluaskan informasi kepada khalayak. “Tidak boleh berpuas diri dengan prestasi kali ini, dan harus senantiasa meningkatkan kualitas,” imbuhnya.

Itjen juga Berprestasi

Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan (Itjen Kemenkeu) juga berhasil mendulang dua medali. Keduanya yakni:

  1. Gold Winner, Kategori Owned Media, Subkategori e-Magazine, Auditoria Volume Nomor 69; dan
  2. Silver Winner, Kategori Owned Media, Subkategori e-Magazine, Auditoria Edisi Khusus

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Bagian Umum dan Kehumasan, Sekretariat Itjen Kemenkeu, Rustiyono menyatakan rasa syukur atas penghargaan yang diterima. Rustiyono juga mengucapkan terima kasih kepada PR Indonesia yang telah menyelenggarakan PRIA 2024. Rustiyono juga menegaskan bahwa penghargaan ini bakal melecut semangat Itjen sebagai penggawa pengawasan internal di lingkungan Kementerian Keuangan. “Penghargaan ini akan menjadi penyemangat bagi kami untuk semakin meningkatkan kualitas literasi pengawasan intern di sektor pemerintahan melalui majalah Auditoria,” tuturnya kepada Tim Redaksi melalui pesan WhatsApp.

Capaian yang dibukukan oleh DJP dan Itjen dalam PRIA 2024 membuktikan bahwa unit kerja Kementerian Keuangan senantiasa memberikan informasi dan melaksanakan komunikasi secara kredibel dan akuntabel.

Dikutip dari laman PR Indonesia, pendiri sekaligus Chief Executive Officer PR Indonesia, Asmono Wikan, menekankan bahwa para juara menunjukkan inovasi yang semakin relevan dengan kebutuhan dan target sasaran. “Pemenang yang kami cari adalah mereka yang mampu menunjukkan gagasan-gagasan segar dan berani mengambil inisiatif untuk lebih inovatif dan kreatif,” ungkapnya.

 

Pewarta: Yacob Yahya, Endang Unandar, Vibratoriano Heri Ramadani, Maulida Saputri
Kontributor Foto: Nia Sari Nastiti, Febri Noviardi, Zeanette Ariestika Nursiwi, Dokumentasi PRIA 2024
Editor: Inge Diana Rismawanti

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.