Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bantul melaksanakan kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) di Ruang Rapat KPP Pratama Bantul, Jalan Urip Sumoharjo No. 7 Gose Kabupaten Bantul (Selasa, 25/6). KPP Pratama Bantul selalu berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik di sektor perpajakan. Usaha tersebut tentunya tidak dapat dilakukan sendiri. Kolaborasi dengan berbagai pihak sangat penting dilakukan untuk mencapai tujuan bersama dengan memaksimalkan konsep pentahelix.
Dalam (Pasal 5 PMK 46/PMK.01/2021) diatur bahwa seluruh unit kerja di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) diminta untuk melakukan kegiatan Forum Konsultasi Publik dengan pengguna layanan dan para pihak terkait secara pentahelix minimal 1 (satu) kali dalam setahun. KPP Pratama Bantul menerapkan konsep pentahelix yang menggabungkan peran akademisi, badan usaha (bisnis), komunitas, pemerintah, dan media untuk menerima pendapat dan masukan yang bertujuan untuk mengembangkan inovasi-inovasi dalam pelayanan perpajakan agar semakin bermanfaat dan bernilai bagi masyarakat.
Kepala KPP Pratama Bantul Ida Ernawati, dalam diskusi pentahelix dengan tajuk “Peningkatan Kualitas Layanan Publik” menyampaikan bahwa komunikasi, koordinasi dan feedback dari para stakeholder sangat penting untuk peningkatan kualitas pelayanan.
“KPP Pratama Bantul telah melakukan beberapa inovasi sebagai upaya peningkatan kualitas layanan di antaranya layanan cepat buka (percepatan pemindahbukuan) dan caper (lacak permohonan). Namun demikian, komunikasi dan koordinasi dengan para pemangku kepentingan tetap terus ditingkatkan. Dengan demikian, KPP Pratama Bantul dapat mengidentifikasi poin-poin atau hal-hal terkait pelayanan yang harus diperbaiki dan ditingkatkan,” kata Ida.
Para peserta diskusi menyampaikan masukan dan saran terkait pelayanan yang sudah mereka peroleh. Selain itu mereka juga menyampaikan harapan-harapan agar pelayanan di KPP Pratama Bantul semakin lebih baik.
Dengan adanya perkembangan teknologi, layanan yang berbasis teknologi di era digital ini juga menjadi salah satu hal yang penting. KPP Pratama Bantul selalu mendorong agar para pengguna layanan perpajakan dapat memanfaatkan layanan-layanan yang sudah berbasis digital sehingga dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam menjalankan kewajiban perpajakannya. KPP Pratama Bantul akan terus meningkatkan kualitas pelayanan dengan senantiasa menjalin komunikasi dan koordinasi dengan semua stakeholder serta memperkuat integritas di semua lini.
Kegiatan FKP berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan foto bersama.
Pewarta: Risna Novita |
Kontributor Foto: Dio Aji Mahondri |
Editor: Wiwin Nurbiyati |
*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.
- 16 kali dilihat