
Jumlah Pengaduan Pelayanan Perpajakan di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) pada semester I tahun 2020 mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Keterangan ini diperoleh dari aplikasi berbasis web SP4N-LAPOR yang dikelola dan dipublikasikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) di Jakarta (Rabu, 1/7).
Berdasarkan data pada aplikasi tersebut, pengaduan yang disampaikan wajib pajak hingga akhir semester ini berjumlah 139 laporan. Pengaduan tersebut meliputi administrasi dan pelayanan pemerintah, kode etik, proses bisnis, sistem aplikasi, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), sistem pembayaran/NTPN/Billing, dan tindakan penegakan hukum pajak. Jumlah pengaduan ini cukup signifikan penurunannya dibandingkan dengan tahun 2019 yaitu 214 pengaduan selama semester I 2019.
Hal tersebut tak lepas dari kerja keras DJP dalam meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak dalam berbagai aspek. Digitalisasi layanan menjadi salah satu aspek utamanya. Hadirnya e-Registration, e-Filing, e-biling, e-Faktur, dan berbagai aplikasi daring lainnya memberikan kemudahan kepada wajib pajak dalam mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP, pelaporan, pembayaran, pembuatan faktur pajak, dan berbagai kemudahan lainnya dalam menunaikan kewajibannya sebagai wajib pajak, terlebih dalam masa pandemi seperti sekarang ini.
Tersedianya layanan digital yang mumpuni hingga peningkatan kepuasan layanan bagi wajib pajak, tak lepas dari kerja keras DJP berupa peningkatan profesionalisme pegawai, penyediaan sarana dan prasarana penunjang, hingga inovasi tanpa henti yang dilakukan DJP dengan menyediakan berbagai sistem pelayanan secara daring ini.
Layanan pengaduan yang diberikan kepada wajib pajak ini merupakan upaya DJP untuk terus melakukan perbaikan sekaligus menjalankan tugasnya sebagai suatu Badan Publik yang dituntut untuk memegang asas keterbukaan dalam penyelenggaraan pelayanan publik.
Untuk itu dengan adanya keterbukaan informasi ini, wajib pajak dan masyarakat dapat terus mengawal penyelenggaraan pelayanan publik, khususnya di bidang perpajakan dengan memberikan saran dan kritik demi peningkatan kualitas pelayanan perpajakan di Indonesia.
- 155 kali dilihat